Ner-a-Car adalah jenis sepeda motor kaki depan (feet forwards motorcycle) yang dirancang oleh Carl Neracher pada tahun 1918. Sekitar 6.500 unit diyakini telah diproduksi antara tahun 1921 hingga 1927 di Inggris, dan sekitar 10.000 Neracar (catat: ejaan berbeda) di Amerika Serikat. Di Inggris diproduksi oleh perusahaan Sheffield-Simplex dan di Amerika Serikat diproduksi oleh perusahaan Ner-a-Car Corporation di Syracuse, New York.
Desain Ner-a-Car lain dari fitur sepeda motor biasa, termasuk dengan menggunakan transmisi penggerak semacam roda yang bergesekan dengan flywheel (friction drive transmission).
Sasis kerangkanya yang mengeliling dan cukup rendah (perimeter frame chassis) lebih sering ditemukan di mobil kontemporer daripada sepeda motor pada umumnya. Motor ini juga dilengkapi dengan kemudi terpusat (hub-center steering) yang menjadi aplikasi pertama pada produksi sepeda motor.
Suspensi depan dan belakang juga cukup unik.
Model awal memiliki mesin kapasitas 221cc 2-tak. Dimulai pada tahun 1923, mesin model 285cc diperkenalkan di Inggris. Di AS, Carl Neracher berhasil mendapatkan hak paten untuk memproduksi Neracar pada tahun 1919 dengan bantuan finansial dari produsen besar pisau cukur King C. Gillette dengan memperkenalkan model 255cc pada tahun 1924. Sementara pada tahun yang sama, sebuah Blackburne dengan mesin side-klep kapasitas 348cc bertransmisi manual tiga kecepatan diperkenalkan di Inggris. Model Inggris terakhir diperkenalkan pada tahun 1925 yang berbeda dari model tahun 1924 dengan menggunakan katup overhead (OHV).
Kendaraan ini diklaim bisa menempuh jarak 85-100 mil dengan kecepatan 35 mph, menghabiskan bahan bakar 1 galon atau dalam bahasa iklan dikatakan bisa menempuh 300 mil hanya dengan 1 dollar.
Pada tahun 1916 – 1918, Carl Neracher dan J. Allan Smith mulai mempelajari berbagai mesin. Diantara tahun ini, Carl Neracher merancang Neracar yang memiliki 13,5 cu.in. mesin, drive gesekan, dan kemudi hub-pusat.
Di akhir 1918, perusahaan Sheffield Simplex di Inggris yang memiliki pabrik senjata dan mesin pesawat selama PD1 mencari sesuatu yang dapat mereka produksi di masa damai.
Pada awal 1919, di Amerika, J. Allan Smith mencoba untuk mengumpulkan dana bagi produksi Neracar tetapi tidak berhasil. Dia kemudian meminta H.H. Powell, Manajer Produksi perusahaan Sheffield Simplex untuk datang ke Amerika (Powell bekerja untuk Smith sebelum PD1). Sheffield Simplex diberikan Lisensi untuk memproduksi Ner-a-Car, tapi dengan perjanjian hanya boleh dijual di Inggris dan koloni-nya selain Kanada.
Pada akhir 1919, The Inter Continental Engineering Company terbentuk di London, Inggris. Beberapa anggota dewan juga merupakan dewan perusahaan Sheffield Simplex, ditambah J. Allan Smith, Carl Neracher, HH Powell, dan lain-lain.
Pada tahun 1920, setelah memperoleh dukungan keuangan, Ner-a-Car Corporation didirikan di Amerika.
Pada bulan Juni 1921, Ner-a-Car diumumkan selama seminggu TT di Isle of Man, Inggris. Intercontinental Engineering adalah dealer mereka dan Sheffield Simplex adalah pabrikan mereka di Tinsley, dekat Sheffield, sementara pabrik perakitan mereka di Finningley, selatan Doncaster. Produksi pertama mereka agak berbeda dari desain asli Ner-a-Car dalam rincian yang detil, namun tetap dilengkapi dengan mesin Sheffield Simplex sebesar 13,5 cu.in. yang merupakan ukuran dimensi ala Amerika yang setara dengan 221cc.
Pada akhir tahun 1921, Gwenda Janson menempuh 1.000 mil di minggu pertama bulan November, untuk memperoleh Sertifikat ACU di Inggris. Sertifikat kedua diperoleh untuk perjalanan hampir non-stop dari sekitar 300 mil pada akhir Desember. Di Amerika, perusahaan Ner-a-Car menempati peringkat pabrik ke 196, di South Geddes Street, Syracuse, NY.
Antara tahun 1921-1922, Neracar muncul di Chicago Amerika pada Show Sepeda, Aksesoris, dan Sepeda Motor Nasional.
Pada tahun 1922, produksi dimulai di Syracuse, Amerika. Pada bulan November, Cannonball Baker mengendarai sebuah Neracar dari New York ke Los Angeles. Perjalanan lebih dari 3300 mil tersebut hanya ditempuh dalam waktu 7 hari.
Awal 1923, produksi di Inggris pindah ke Kingston-on-Thames. Sebuah model yang lebih besar, Model B, diproduksi dengan kapasitas 285cc, mesin, dan spakbor depan yang jauh lebih besar dengan tetap mempertahankan drive gesekan dan steering hub-pusat. Sheffield Simplex sekarang memasarkan mesin.
Pertengahan 1924, di Inggris diperkenalkan model baru, C Model, dengan kapasitas 350cc side klep mesinBlackburne, menggunakan kopling konvensional dan gearbox. Pada tahun yang sama, ukuran mesin di Amerika meningkat dengan menambah ukuran (baik bore maupun stroke) 1 / 8 in menjadi 15,5 cu.in. atau setara dengan 255 cc. Mesin ini biasanya memiliki nomor mesin dengan awalan B.
Pada tahun 1925, C Model di Inggris tersedia dengan kapasitas 350cc OHV mesin Blackburne. Kemudian model selanjutnya diumumkan, dengan suspensi belakang spring dan tempat duduk model mobil. Mesin menggunakan Blackburne side klep. Tidak diketahui apakah model ini ada yang benar-benar diproduksi untuk dijual.
Di Amerika, pengiriman Light Delivery Van diperkenalkan, yaitu menggunakan sebuah kotak yang dipasang di antara dua roda depan di tempat yang biasanya untuk roda depan.
Pada 1927, produksi di Inggris berhenti setelah sekitar 6500 unit dihasilkan. Jumlah tertinggi sasis dibukukan pada angka 6119.
Pada awal 1928, produksi di Amerika berhenti setelah sekitar 10.000 unit dihasilkan. Penjualan sasis/mesin tertinggi dibukukan pada angka 9116.
Model Ner-a-Car yang unik didesain untuk memberikan kenyamanan seperti mobil tetapi dengan harga terjangkau seperti sepeda motor, namun ternyata pada perkembangannya tidak mampu bertahan bersaing dengan sepeda motor merk lain sehingga harus menutup produksi pada tahun 1924 di Amerika dan 1926 di Inggris.
Pada tahun 2001, sekitar 50 unit Ner-a-Car diketahui masih bertahan hidup di Inggris. Pada tahun 2002, di Inggris dikenali ada sekitar 40 model lengkap yang masih bertahan dengan model berbeda yang cukup bisa mewakili. Sekitar setengah dari jumlah itu diketahui dalam keadaan restorasi total. Ada juga sekitar 10 unit yang tersebar di berbagai Negara dalam keadan dibongkar atau membutuhkan biaya restorasi yang tidak sedikit. Tidak diketahui berapa banyak yang ada di Amerika, tapi tampaknya jauh lebih sedikit daripada di Inggris. Di Eropa ada beberapa di Perancis, Jerman, dan sekitar selusin di Belanda. Sebagian besar merupakan model Amerika.
0 komentar:
Posting Komentar