Popular Post

Home » » Haden (1912–1924)

Haden (1912–1924)

Written By Bodhonk on Senin, 05 Maret 2012 | 09.17


Haden Motorcycle
Haden adalah merk sepeda motor Inggris dari Birmingham.
Sepeda motor Haden pertama, mungkin adalah sebuah prototipe pra-produksi, antara tahun 1906 hingga 1909, dikendarai oleh A. H. Haden, dengan sespan terpasang.

Haden pada awalnya adalah bisnis pembuatan sepeda di Hockley, Birmingham, dimulai pada akhir 1880-an, setelah sepeda keselamatan diperkenalkan. Bisnis berlanjut dari G.J. Haden ke anaknya A.H. Haden, yang terus membuat sepeda dari 1902 sampai 1912. Mereka mulai membuat pabrik sepeda motor di sekitar tahun 1906 dan masuk ke dalam kancah produksi persepedamotoran lebih luas sebelum Perang Dunia Pertama, ketika AH Haden membeli perusahaan sepeda motor Regal pada tahun 1913.
Motor merk Haden paling dikenal tahun 1912-1924. Sepeda motor utama dipasarkan dengan nama Haden sebagai “New Comet”, dan itu adalah merek independen yang cukup bertahan lama. Motor ini menggunakan parts dari Villiers, PeCo, JAP, Precision, dan Climax, dan masuk dalam kejuaraan Isle of Man TT pada tahun 1920 (posisi ke-10) dan 1921. New Comet dihentikan pada tahun 1924, namun pada tahun 1931 sejumlah kecil 198cc model diproduksi dengan parts Villiers. Mesin dinamakan “New Comet” untuk membedakannya dari motor sebelumnya “Comet” yang diproduksi oleh Comet Motor Works, di New Cross, London (1902-1907). Ada kemungkinan A.H. Haden telah membelinya dari pemilik Komet lama yang berbasis di London sebelumnya.
Putra A.H. Haden mengambil alih bisnis setelah 1937. Perusahaan kemudian berganti nama menjadi “Haden Bros”, dan membuat bagian tangki untuk militer selama Perang Dunia Kedua. Setelah perang, Haden Bros terus menjadi terkenal untuk membuat bagian-bagian sepeda dan sepeda motor, dan ini terjual di seluruh dunia dari tahun 1954 sampai dengan tahun 2002 ketika perusahaan gulung tikar karena persaingan di luar negeri. Salah satu saudaranya juga mendirikan perusahaan pembuatan ketel Haden.
Mesin Haden yang masih bertahan hidup hanyalah mesin dua tak 347 cc model sepeda.

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Copyright © 2011. Forzant Blog . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from Maskolis