Popular Post

Home » » Duzmo ( 1919-1923 )

Duzmo ( 1919-1923 )

Written By Bodhonk on Senin, 05 Maret 2012 | 09.16



Duzmo adalah produsen sepeda motor di Inggris.  Didirikan di Enfield Highway, Middlesex, London pada tahun 1919 oleh John Wallace.  Mesin Duzmo awal diproduksi oleh Advance Motor Manufacturing Company di Northampton.

John Wallace lahir tahun 1896 dan sekolah di Askes Grammar School.  Ia tidak pernah mengikuti pelatihan resmi sebagai seorang insinyur.  Setelah melihat pameran sepeda motor pada tahun 1911, Wallace memutuskan untuk membangun sepeda motor.  Dia membeli seperangkat mesin seharga £ 2,10 shilling dan terus melengkapi peralatan bengkel di kebun ayahnya. Langkah selanjutnya adalah membiasakan dirinya menggunakan mesin namun ia segera menyadari bahwa membuat mesin itu susah dan diluar kemampuannya.  Akhirnya ia membeli sebuah rangka dan roda dari pembuat lokal dan mesin bekas, untuk menghasilkan sebuah sepeda motor yang segera dijual.
Ayahnya sebenarnya ingin ia bergabung dengan perusahaan keluarganya yaitu produsen pakaian sehingga ketika Wallace mengalami kecelakaan kerja di pabrik,ayahnya menyuruhnya berhenti bekerja.  Sebagai obat kecewa, ayahnya membelikan dia dan saudaranya sepasang TT Rudges.  Mereka berdua langsung bergabung dengan British Motor Cycle Racing Club dan memulai karir balap di Brooklands. Namun terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan Rudge milik John rusak tanpa bisa diperbaiki.
Pada awal tahun 1913 ia menjadi pengendara motor percobaan pada departemen eksperimental JAP di Brooklands.  Dia benar-benar dibutuhkan disana hingga perusahaan menyadari bahwa usianya masih dibawah umur sehingga terpaksa memecatnya.  Wallace kemudian menghabiskan sisa waktu sampai akhir tahun 1914 mempelajari teknik dan pelatihan untuk menjadi sebagai tukang gambar (drafter).  Dengan terjadinya perang Wallace berpikir bahwa permintaan sepeda motor pasti akan turun drastis sehingga ia mengambil pekerjaan pada pembuat mobil Skotlandia, Arrol-Johnston sebagai desainer aero-engine.  Pekerjaan ini juga tidak berlangsung lama dan pada pertengahan 1915 berakhir.  Namun pengalaman yang diperoleh sudah cukup untuk mendapatkan pekerjaan pada tim desain Westland Aircraft Company (Petters Ltd).  Ini berlangsung sampai akhir perang.
Pada akhir tahun 1918 Wallace mulai merancang mesin sepeda motor berperforma tinggi.  Dia mengiklankan desainnya dalam ‘The Aeroplane’ untuk perusahaan manapun yang ingin melakukan diversifikasi setelah kontrak bisnis mereka untuk keperluan perang berakhir.   Akhirnya, perusahaan Portable Tool & Engineering Company di Enfield cukup terkesan dan mengangkat Wallace sebagai Chief Designer.   Rencana awal mereka adalah menjual mesin untuk produsen motor lainnya.  Pada bulan September 1919 mesin pertama siap untuk diuji coba, dengan ukuran 88,9 mm x 76,2 memberikan kapasitas 475cc. 
Ini adalah titik awal persahabatan baru antara Wallace dengan Herbert ‘Bert’ Le Vack (1887 – 17 September 1931).  Le Vack adalah pembalap legendaris kelas dunia asal  Swiss berjuluk ‘Wizard of Brooklands‘ yang mengukuhkan beberapa catatan rekor dunia semasa hidupnya, hingga meninggal saat kecelakaan tahun 1931 di tes motor Motosacoche A50 di Swiss.  Pengalaman Bert sewaktu perang dalam merakit dan menguji mesin pesawat sangatlah ideal bagi perusahaan muda, sehingga jasanya dijamin dengan gaji yang cukup.  Le Vack terbukti menjadi aset berharga perusahaan, karena kemampuannya menghasilkan komponen yang terhindar dari kesalahan produksi.  Bert segera dimanfaatkan dengan baik, ia membangun mesin prototipe pertama dan terbukti berjalan memuaskan.  Selanjutnya dia membangun mesin kedua dan memasangkannya ke sepeda motor secara lengkap.  Mesin ini digunakan oleh Le Vack dalam persaingan dan demonstrasi perdagangan dan dimuka umum.
Kombinasi kemampuan desain Wallace dan pengembangan-keterampilan mengendarai Le Vacks menghasilkan mesin yang sangat baik.  Dia dibaptis dengan nama ‘Ace’, kemudian menjadi ‘Buzmo’, sebelum berakhir menjadi ‘Duzmo’ pada tahun 1920 ketika Le Vack menjadi terkenal dalam arena balap.

Kesuksesan tersebut menghasilkan pesanan yang melebihi kemampuan produksi sekaligus menarik perhatian organisasi yang jauh lebih besar dan kaya terhadap Le Vack.  Pada tahun 1922 Le Vack “dibeli” oleh JAP dengan harga yang Wallace tidak bisa memenuhinya.
Konsep awal menjual mesin segera berubah haluan menjadi memenuhi pesanan yang membanjir terhadap replika mesin yang membuat Le Vack terkenal.  Diputuskan bahwa jalan ke depan adalah dengan cara membuat perusahaan dalam keadaan mengambang agar pesanan dapat terpenuhi. Namun ternyata direksi Portable Tool gagal memenuhinya dan memutuskan membubarkan perusahaan.
Hal ini merupakan pukulan keras bagi Wallace, tetapi salah seorang direksi, Harold Biggs, menghiburnya dan menyarankan agar Wallace mengambil alih perusahaan.  Uang akan dipinjami Biggs dan pinjaman boleh dilunasi dari keuntungan masa depan.  Wallace setuju dan sejak saat itu mesin Duzmo dibangun oleh perusahaan baru dibawah nama John Wallace.
Produksi Duzmo dari tahun 1920 adalah mesin 496cc dengan sabuk drive.  Mesin ini diproduksi di bawah kontrak The Advance Motor Manufacturing Co di Northampton, yang berpengalaman menggambar sendiri dan memproduksi mesin sejak sebelum tahun 1912.  Plat kuningan di mesin jelas-jelas menunjukkan bahwa Advance membuat mesin untuk Duzmo.  Setelah tahun 1922 mesin Duzmo dilengkapi dengan mesin Advance berplat kuningan.

Mesin yang dikembangkan antara tahun 1921 hingga 1922 memperlihatkan introduksi gearbox Sturmey Archer dan rantai drive pada semua bagian.  
Mesin 496cc kemudian dibuat dua kali lipat untuk menghasilkan mesin V Twin  992 cc (1000 cc).  
Motor tersebut dilengkapi dengan sespan dan ikut ambil bagian dalam Balapan Sespan kelas 200mil di Brooklands.  Sayangnya, motor tersebut tidak berhasil memenangkan perlombaan, bahkan sebenarnya tidak mencapai finish.  Kekalahan tersebut ditambah dengan adanya krisis ekonomi memberikan kontribusi terhadap menurunnya pesanan di tahun 1922.
Ini adalah salah satu balapan terakhir Le Vack untuk Duzmo, setelah itu Wallace mengambil alih peran. Namun bakat Wallace sebagai seorang desainer tidak meluas menjadi seorang mekanik dan pengendara. Sekeras apapun dia mencoba tetap tidak bisa menyamai prestasi Le Vack.

Tahun 1923 Wallace merancang Duzmo terakhirnya.  Desain motornya adalah dengan mesin miring, tangki ‘pisang’, kapasitas 496cc, 3.5 tenaga kuda, single, dan posisi duduk yang rendah. 
Sayangnya hanya satu yang dibangun sebelum Wallace bangkrut.  Stok tersebut dijual ke D.J. Sheppards yang mencoba menjual kembali motor Duzmo, tetapi tidak terpikirkan bahwa ternyata motor tersebut tidak dapat terjual.   Satu mesin ‘masa kebangkrutan’ tersebut dipamerkan di museum Whitewebbs Museum of Transportdi Enfield, sekitar 20 mil di utara London.
Di bawah ini ada satu image sepeda motor Duzmo bermesin miring.  Jika memang hanya satu unit yang pernah direstorasi, kemungkinan besar motor tersebut telah direstorasi sehingga tampak lebih menarik. 

Wallace tidak pernah bekerja lagi di industri sepeda motor, tapi ia membuat desain mesin overhead camshaft silinder tunggal, namun tidak pernah dibangun.  Selain itu,ia juga merancang mesin dua tak dan mesin radial tujuh silinder.

Dia juga menulis makalah tentang fenomena ‘goyangan roda’ dan berceramah tentang penggunaan mesin multi-silinder di sepeda motor.  Akhirnya Wallace merancang mobil kecil tandem, yang cukup kecil untuk bisa masuk melalui pintu standar.  Tak satu pun dari proyek ini menarik pendukung, tapi untungnya ia bisa menjadi juru gambar desain pada D. Napier & Sons (di bagian mesin pesawat yang terkenal).  Pensiun pada tahun 60an, ia menjadi insinyur kepala bagian percobaan.  John Wallace akhirnya meninggal pada tahun 1983 dengan usia 87 tahun.
Model Tahun Catatan
Duzmo 475cc        1919                       Mesin pertama (prototype)
Duzmo 496cc        1920                       Belt Drive
Duzmo 992cc        1922                       V Twin
Duzmo                      1923                       Mesin miring,tanki pisang,dudukan rendah (hanya 1 unit)

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Copyright © 2011. Forzant Blog . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from Maskolis