Popular Post

Home » » Ilmuwan Amerika ciptakan alat pacu jantung 'alami'

Ilmuwan Amerika ciptakan alat pacu jantung 'alami'

Written By Bodhonk on Senin, 17 Desember 2012 | 16.51

Ilmuwan Amerika ciptakan alat pacu jantung 'alami'


Peneliti Amerika menciptakan alat pacu jantung yang bisa mengubah otot jantung menjadi sel-sel yang dapat mengatur ritme organ tersebut.

Para peneliti menyuntikkan virus yang telah direkayasa secara genetik untuk mengubah bagian dari jantung sebagai alat pacu organ tersebut. Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Nature Biotechnology.

"Jantung manusia terdiri dari miliaran sel dan sekitar 10.000 sel bertanggung jawab untuk mengendalikan detak jantung," ungkap para peneliti kepada BBC News (17/12).

Seiring dengan bertambahnya usia, setiap orang berisiko mengembangkan masalah jantung seperti jantung memompa terlalu cepat, terlalu lambat atau bahkan berhenti mendadak yang dinamakan serangan jantung.

Untuk itu, kebanyakan ahli medis menyarankan pemakaian implan alat pacu jantung bertenaga baterai yang akan selalu menyentak jantung agar tetap seirama. Sebaliknya, tim peneliti dari Cedars-Sinai Heart Institute mencoba untuk mengembalikan kemampuan jantung untuk pulih sendiri dengan menciptakan alat pacu jantung terbaru.

Mereka menggunakan virus untuk menginfeksi sel-sel otot jantung dengan gen, yang disebut Tbx18. Gen tersebut aktif ketika sel-sel alat pacu jantung terbentuk selama perkembangan embrio normal.

"Ini membuka kemungkinan untuk penerapan terapi sel yang mampu mengembalikan irama jantung normal pada pasien yang membutuhkannya," puji Prof Jeremy Pearson, direktur asosiasi medis British Heart Foundation


Like This..?? Share This Article..........

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Copyright © 2011. Forzant Blog . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from Maskolis