Popular Post

Home » » Nama-nama "Fan Club" Unik di Indonesia

Nama-nama "Fan Club" Unik di Indonesia

Written By Bodhonk on Senin, 09 Juli 2012 | 21.29


Dalam perkembangan karir sebuah band atau musisi, penggemar adalah kelompok yang selalu setia dan terus mendukung baik saat musisi tersebut sedang berada di tangga kepopuleran maupun saat karir mereka sedang berada di bawah. 

Ikatan antar sesama penggemar juga biasanya sangat kuat. Tak jarang mereka mengadakan acara berkumpul bersama di mana mereka bisa saling bercerita atau bertukarinfo mengenai musisi pujaan. Karena keterikatan yang kuat tersebut, setiap kelompok penggemar sebuah musisi biasanya memiliki nama tersendiri. Nama bisa diberikan oleh musisi bersangkutan atau bisa juga dibuat oleh para penggemar.

Beberapa nama penggemar sudah menjadi sangat lekat dan familiar di masyarakat luas seiring kepopuleran musisinya, seperti Slankers untuk penggemar band Slank atau OI (Orang Indonesia) untuk penggemar musisi Iwan Fals.

Asal usul pemilihan nama penggemar juga beraneka ragam. Paling umum adalah memberi akhiran di nama band/musisi, seperti Slankers (Slank), The Backboners (Andra & The Backboner), atau Massivers (d’Masiv). 

Ada juga yang memberi nama penggemar dari salah satu judul lagu, seperti nama penggemar band Cokelat, Bintang Cokelat, yang diambil dari salah satu lagu mereka berjudul “Bintang”, atau nama penggemar band Kangen yang mengambil salah satu judul hits mereka: “Doy”.

Sementara itu, beberapa kelompok penggemar memiliki nama yang tidak berkaitan dengan lagu atau nama musisi bersangkutan. Penggemar band Seurieus contohnya, yang bernama Serdadu Rock, atau penggemar band SORE yang bernama Kampiun.

Di antara banyak nama penggemar band/musisi lokal di Indonesia, ada beberapa nama kelompok penggemar yang terhitung cukup unik dan menggelitik. Di bawah ini adalah beberapa contohnya:

1. Efek Rumah Kaca = ERK Estrada (untuk penggemar cowok) & ERK Eliniak (untuk penggemar cewek)
Nama kelompok penggemar band Efek Rumah Kaca ini merupakan plesetan dari singkatan nama Efek Rumah Kaca (ERK) yang dipadukan dengan nama bintang film Eric Estrada (yang dulu populer dengan serial "CHIPS" di tahun 80an) dan juga Erica Eliniak (yang dulu populer dengan serial "Baywatch" di tahun 90-an). Nama kelompok penggemar Efek Rumah Kaca ini unik dan terkesan canda, bertolak belakang dengan citra Efek Rumah Kaca yang serius.

2. Kungpow Chicken = Cabulers
Nama kelompok penggemar band hip hop asal Bandung ini dipilih karena lagu-lagu dari Kungpow Chicken memiliki lirik yang sarat dengan tindakan yang melanggar kesopanan atau kesusilaan. Judul-judul lagu seperti “Lagu Mabok”, “Opening Radio Cabul”, dan “Tidurlah Denganku” adalah lagu-lagu yang pasti tidak bisa didengarkan seorang anak bersama dengan orang tuanya.

3. Cacat Nada = CNUT (Cacat Nada Untuk Teman)
Band indie asal Yogyakarta yang mengusung genre elektronika chiptune ini memberi nama penggemarnya CNUT, yang merupakan plesetan dari istilah cenat cenut yang kini populer berkat boyband SMASH. 

4. Kuburan = Kuncen
Band  rock parodi asal Bandung yang bernama Kuburan (yang kini baru berganti nama menjadi The Kubs) menamakan penggemar mereka Kuncen. Kuncen adalah nama dari seseorang yang biasanya menunggu tempat-tempat tua atau keramat. Dan nama kelompok penggemar ini sangat cocok untuk band The Kubs (Kuburan) yang banyak mengambil nuansa horor di setiap penampilan panggungnya.


Like This..?? Share This Article........... 

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Copyright © 2011. Forzant Blog . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from Maskolis