Zenith Motor adalah produsen sepeda motor Inggris yang didirikan di Stroud Green, Finsbury Park pada tahun 1904 sebelum pindah ke berbagai lokasi di dalam dan sekitar kawasan London. Sepeda motor Zenith menggunakan mesin dari berbagai pemasok, termasuk Fafnir, Precision, Bradshaw, Villiers dan JAP. Sebelum Perang Dunia Pertama, Zenith mendapat banyak keberhasilan di bawah pimpinan insinyur Frederic ‘Freddy’ Barnes. Zenith mengembangkan gir “gradua”, sebuah katrol variabel (mudah dipindah-pindah) yang menyesuaikan panjang sabuk drive dengan menggeser roda belakang ke belakang atau ke depan dalam slot. Hal ini memberikan keuntungan besar bagi Zenith pada kejuaraan sewaktu menaiki bukit. Pengendara Zenith bisa mengubah rasio selama perjalanan sementara pesaing lainnya harus puas dengan pilihan rasio roda gigi tunggal. Rival pengendara dan produsen kompetitor berpikir bahwa ini adalah keuntungan yang tidak adil sehingga banyak klub terkemuka melarang gir Zenith Gradua pada kompetisi menaiki bukit. Zenith justru cepat tanggap dalam mengenali nilai publisitas tersebut dan bahkan kemudian mencantumkan kata “barred (yang dilarang)” sebagai semboyan dalam lencana mereka.
Pada tahun 1930an Zenith terpukul oleh masa sulit dan menutup produksi, tapi nama itu dibeli oleh Writer’s Kennington, yang telah menjadi salah satu dealer utama mereka, dan produksi dimulai lagi di pabrik Hampton Court di Surrey. Perang Dunia Kedua menghentikan produksi lagi, tapi mereka mengatur persediaan mesin 750cc JAP dalam jumlah yang cukup untuk dilanjutkan setelah perang. JAP menghentikan produksi akhirnya, ketika mesin terakhir telah digunakan maka itu adalah garis akhir Zenith dan mereka akhirnya benar-benar tutup pada tahun 1950.
KRONOLOGI
- 1904 perusahaan ini dimulai.
- 1905 Sebuah mesin yang aneh muncul, disebut Bicar, yang dikatakan ‘sebuah revolusi dalam sepeda motor’. Pertama kali terlihat pada awal tahun di pameran Crystal Palace, dinamai Tooley Bi-Mobil oleh penemunya dan dipamerkan oleh Bitton-Harley dari Great Yarmouth. Pada bulan Juli, diperbaiki dan berganti nama menjadi Zenith. Memiliki bingkai novel, dengan pipa utama berjalan dari roda belakang sepanjang poros mesin, mengitari roda depan dan kembali lagi. Dibawahnya, pada masing-masing sisi sebuah pipa kedua bertugas membawa berat pengendara dan mesin, yang bergantung dari sambungan untuk menghilangkan getaran. Mempunyai pusat kemudi, sehingga tidak ada garpu depan seperti biasanya – setang dihubungkan ke poros roda dengan penopang. Mesinnya adalah Fafnir berkekuatan 3HP dengan sebuah kopling mesin-kosong dan sabuk drive ke roda belakang, yang memiliki rem tromol. Mereka juga menawarkan Tricar dengan mesin 2 tak berkekuatan 5HP.
- 1907 Produksi sepeda motor dimulai dengan bingkai Sprung Zenette dan mesin Fafnir 3,5HP. Perusahaan ini dijalankan oleh Freddie W. Barnes yang mematenkan sistem Gir Gradua-nya, yang menggabungkan mesin katrol variabel dengan gerakan roda belakang untuk mempertahankan ketegangan sabuk yang bagus. Menggunakan sistem batang terhubung ke satu handel, sehingga gigi bisa diubah sewaktu beraktivitas. Hal ini sangat berguna saat memanjat bukit sehingga pengendara Zenith bisa mengubah gigi pada perjalanan ke atas, sedangkan para pesaing lainnya harus puas dengan pilihan rasio roda gigi tunggal. Karena itu, beberapa klub melarang Zenith dari acara mereka, tapi Zenith dengan cepat untuk mengenali nilai publisitas dan mengambil kata ‘dilarang’ sebagai merk mereka.
- 1908 Pada akhir tahun ini Zenith bergabung menggunakan model kaku/rigid dengan menurunkan berat, menggunakan garpu ayun dan meningkatkan kemampuan mendakinya. Pada akhir tahun, perusahaan pindah ke Church Street, Weybridge, Surrey, dekat dengan Brooklands.
- 1909 Di Brooklands, Barnes mencatat rekor pertama Test Hill di awal tahun. Semua mesin kini dijual sebagai Zeniths dan perusahaan menjadi jauh lebih berhasil.
- 1910 Mekanisme Gir Gradua diperbaiki dan dirapikan, seperti seluruh mesin yang khas era tersebut dan menggunakan garpu Druid. Zenith terus ditawarkan selama tahun itu.
- 1911 adalah tahunnya Zenith Gradua, dengan 3,5HP mesin tunggal atau 6HP JAP V-Twin. Iklan ‘barred/yang dilarang’ digunakan sebagai promosi atas mudahnya Gir Gradua mengatasi bukit-bukit.
- 1912 Selama tahun ini ada banyak perbaikan detail.
- 1913 Cakupan diperluas dengan menambahkan tiga model balap dengan mesin OHV JAP 2,75HP; mesin tunggal 3,5HP; mesin V-Twin 8HP, dan model jalanan dengan mesin Green 4HP berpendingin air.
- 1914 Model direvisi dengan penggerak rantai, lengkap dengan kopling dan kick-starter, dipasang di depan bak mesin. Poros penggerak membawa katrol besar untuk menggerakkan roda belakang dengan sabuk panjang, dengan tetap mempertahankan Gir Gradua dan pergerakan roda belakang. Mesin masih menggunakan JAP, tetapi semua twin 3,5HP, 6HP, atau 8HP. Dalam tahun ini, perusahaan pindah ke Hampton Court, Middlesex dan melanjutkan mesin twin mereka sampai Perang Dunia Pertama menghentikan produksi.
- 1919 Produksi dimulai lagi dengan model 6HP dan 8HP, masih dengan penggerak dan Gir Gradua, namun pada bulan November kedua mesin tersebut digabungkan dengan mesin twin-datar 346cc, masih dengan transmisi yang sama.
- 1921 Sebuah model dilengkapi dengan mesin mesin twin-datar Bradshaw 494cc berpendingin oli diperkenalkan dan segera terdaftar dengan pilihan gigi gradua atau gearbox Sturmey-Archer tiga kecepatan dan semua menggunakan rantai.
- 1922 Kebanyakan model memiliki opsi di atas.
- 1923 Beberapa mesin tunggal diperkenalkan, semua dengan bentuk konvensional. Ada juga yang khusus dibangun dengan penuh antusias, dilengkapi dengan mesin V-Twin Barr & Stroud berlengan-katup.
- 1924 Gir Gradua telah berjalan tentunya, sehingga perusahaan menawarkan semua penggerak rantai pada cakupan mesin tunggal dan V-Twin yang meningkat setiap tahunnya. Semuanya khas dekade tersebut. Ada juga yang menggunakan mesin silinder tunggal OHV Bradshaw.
- 1926 Sekarang ada mesin dengan 348cc Blackburne, JAP tunggal 490cc & 680cc, dan JAP V-Twin 980cc.
- 1927 175cc ringan ditambahkan untuk tahun ini saja.
- 1928 Mesin ringan tersebut digantikan mesin Villiers 172cc dua-tak. Perusahaan ini masih memiliki minat sport, dan tahun ini O.M. Baldwin mencatatkan rekor dunia kecepatan sepeda motor lebih dari 124mph.
- 1930 Joe Wright menggunakan Zenith berhasil mencatatkan rekor lebih dari 150mph/240kmh. Sayangnya, keberhasilan ini tidak menjual banyak mesin, dan perusahaan diambil alih oleh Writer’s, dealer besar di selatan London.
- 1931 Cakupan dikurangi, semua dengan mesin JAP.
- 1933 Dua puluh model ditawarkan.
- 1934 Cakupan dikurangi lagi menjadi empat belas model.
- 1939 Cakupan berkurang lagi menjadi hanya enam model, yang semuanya model kuno.
- Pasca perang. Mereka kembali pada tahun 1947, tetapi hanya satu model yang pernah terdaftar yaitu menggunakan JAP V-Twin 747cc, dengan format sebelum perang dan dengan garpu girder Druid. Dalam waktu-waktu ini berubah menjadi DowtyOleomatic.
- 1950 Produksi berhenti.
Sepeda Motor Zenith
Zenith Gradua 770cc 1912 Sabuk variabel drive “gradua”
Zenith Gradua 680cc 1918 Twin JAP
Zenith Twin 1922 Berpendingin oli horizontal dengan mesin Bradshaw
Zenith Brooklands 344 cc 1923 Mesin JAP
Zenith 346cc 1924 Mesin JAP
Zenith 680cc 1926 Side-klep mesin JAP
Zenith C5 Special 500cc 1936 -
Zenith 750cc 1948 Mesin JAP
0 komentar:
Posting Komentar