Popular Post

Home » » Excelsior (1896 – 1964)

Excelsior (1896 – 1964)

Written By Bodhonk on Senin, 05 Maret 2012 | 09.07


Excelsior adalah perusahaan pembuat sepeda, sepeda motor, dan mobil Inggris, bermarkas di Coventry.  Mereka adalah perusahaan sepeda motor yang pertama kali di Inggris/Britain, memulai produksi sendiri sepeda bermotor mereka sendiri pada tahun 1896.   Awalnya mereka bertempat di Lower Ford Street, Coventry, dan Stoney Stanton Road 287-295, Hillfields, Coventry, Warwickshire sebelum pindah ke Kings Road, Tyseley, Birmingham pada tahun 1921.

Awalnya, Excelsior  adalah perusahaan pembuat sepeda penny-farthings pada tahun 1874 dengan nama asli mereka: Bayliss, Thomas and Co.  Seiring waktu, mereka kemudian menjual sepeda dengan nama Excelsior dan Eureka kemudian mengubah nama perusahaan menjadi Excelsior Motor Co pada tahun 1910.     Pada tahun-tahun awal pembuatan sepeda motor yang mereka gunakan mesin Minerva, De Dion, MMC dan mungkin Condor 850 cc tunggal kemudian melanjutkan memproduksi berbagai motor dengan mesin dari produsen yang paling besar.  Pada tahun 1914, mereka menawarkan mesin twin berbasis mesin JAP.   Sebuah order besar untuk memasok pemerintah Kekaisaran Rusia dengan sepeda motor berakhir dengan Revolusi dan Excelsior mendapatkan dampaknya dengan inventaris yang berlebihan.
Keluarga Walker (Reginald dan Eric) mengambil alih setelah Perang Dunia I.   Walker & Sons dari Tyseley, Birmingham pada awalnya adalah pembuat lampu kapal, tetapi pada tahun 1919 membuat berbagai sepeda motor dengan nama Monarch yang kemudian dijualkan oleh Supermarket Gamages di London.   Perusahaan ini kembali terdaftar sebagai Excelsior Motor Company Ltd.   Produksi pindah ke Birmingham sementara pabrik Lower Ford Street di Coventry dijual kepada Francis-Barnett.   Mereka membuat berbagai sepeda motor dari 98 sampai 1.000 cc, sebagian besar didukung oleh mesin JAP , Blackburne dan Villiers, ditambah dengan mesin Condor 850 cc.   Perusahaan yang baru lebih fokus dalam kompetisi dan balap. Untuk menghindari kebingungan dengan pembuat motor dari Amerika dengan nama yang sama, mereka menyebut diri mereka “Excelsior Inggris”.


Masa Kejayaan dalam Racing

Keberhasilan besar pertama mereka dalam dunia balap terjadi pada tahun 1929 ketika mereka mengambil kejuaraan kelas ringan balapan TT dengan tipe B14 mereka, yang segera menjadi model paling populer mereka.  Keadaan keuangan yang kuat meskipun dalam masa Depresi Besar membuat  Excelsior mampu menugaskan Blackburne untuk merancang mesin balap 4-katup.   Dikenal sebagai Mekanik Marvel, berhasil memenangkan TT 1933 di keluaran pertamanya.   Mesin ncomplex dilanjutkan dengan sukses besar di seluruh penjuru benua tetapi kemudian pensiun pada akhir musim 1934 karena terlalu sulit untuk melakukan penawaran penjualan sebagai produksi pembalap.   Peran tersebut dipenuhi dari tahun 1935 oleh 2-katup overhead camshaft Manxman yang menakjubkan.

Manxman pertama kali ikut membalap tahun 1935 pada kejuaraan Isle of Man TT Ringan.   Sepeda yang dipergunakan memiliki kepala kiri aluminium dan barel tetapi memiliki langkah yang terlalu lama dan lambat.   Tahun berikutnya memperlihatkan penampilan pertama stroke yang lebih pendek dari mesin 4 katup motor balap Cammy.     Mereka balapan lagi pada tahun 1937 dalam dua kelas kapasitas, yaitu 250 cc dan 350 cctetapi pensiun Mei 1938 sebelum TT tahun itu. Sepeda TT dikembalikan ke 2 kepala katup tapi mempunyai suspensi belakang plunger. Mereka hanya secepat motor 4katup dan lebih mudah di seting.   Excelsior tidak ikut  kontes resmi TT tahun 1939 tapi mesin tahun sebelumnya sebaik prototipe 500cc motor balap. Meskipun Excelsior Manxman tidak memenangkan TT sebelum perang, mereka menjadi nomor 2 dalam 1936, 1937 dan 1938 dan ke-3 pada tahun 1939.   Mungkin keberhasilan mereka terbesar adalah memenangkan GP Eropa di depan 200.000 orang di Chemnitz di Jerman pada tahun 1936.
Perang Dunia II
Kontribusi besar mereka bagi saat perang adalah motor Welbike (Corgi) 98 cc, sepeda motor lipat dalam pod yang diterjunkan menggunakan parasut, ditujukan bagi pasukan payung paratroops untuk serangan kilat di medan perang.
Pasca Perang
Sayangnya, perusahaan tidak melayani order itu dengan baik dan pada masa krisis setelah Perang Dunia II, balapan dan mesin mewah tersisihkan oleh  mesin 2 tak yang murah.   Setelah perang, mereka menggunakan mesin Villiers untuk membuat Viking 250 cc dan pada tahun 1949 Talisman, sebuah mesin 2 tak dengan 180 derajat engkol.   Kemudian mesin twin karbu versi sport 328 cc tidak terjual dengan baik, meskipun mesin itu sendiri mencapai beberapa keberhasilan dalam microcars Berkeley di mesin twin 328 cc dan mesin triple 492 cc.
Excelsior terakhir diproduksi pada tahun 1964 dan tutup pada tahun 1965.    Britax, sebuah perusahaan mobil aksesori membeli namanya dan memproduksi mesin Britax-Excelsior di akhir 1970-an dalam jumlah terbatas.  Alamat kantor pusatnya adalah: The Excelsior Motor Co, Kings Road, Tyseley, Birmingham 11.

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Copyright © 2011. Forzant Blog . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from Maskolis