Popular Post

Home » » Fenomena 'Monsoon' Penyebab Jakarta Banjir

Fenomena 'Monsoon' Penyebab Jakarta Banjir

Written By Bodhonk on Selasa, 26 Februari 2013 | 11.59



Fenomena Monsoon yang terjadi di Jakarta, menjadi penyebab bencana banjir yang melanda Jakarta saat ini. Akan ada fenomena monsoon di akhir pekan, sehingga menyebabkan hujan lebat di pagi hari sampai Minggu (20/1/2013). Monsoon adalah suatu pola sirkulasi angin yang berhembus secara periodik pada suatu periode (minimal 3 bulan) dan pada periode yang lain polanya akan berlawanan. 

Di Indonesia dikenal dengan 2 istilah monsoon, yaitu monsoon Asia dan monsoon Australia. "Untuk intensitas curah hujan harian paling tidak kita prediksikan 2-3 hari dengan hujan merata denga intensitas sedang sampai lebat untuk wilayah Jabodetabek," ungkap Mulyono Rahardi Prabowo, Kepala Pusat Meteorologi Publik Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) usai rapat koordinasi dengan Pemprov DKI dan Pemerintah Pusat (17/1/13) seperti yang dilansir dari detikcom. 

Mulyono menambahkan, ada tendensi curah hujan ke depan intensitasnya agak menurun. Namun perlu diantisipasi intensitasnya. "Ada potensi juga curah hujan bisa berubah lagi," tambah Mulyono. Untuk air pasang secara siklus pada pertengahan tengah bulan potensi akan naik, hal ini membuat banjir akan lambat surut. "Pada tanggal pertengahan bulan atau akhir bulan perlu diantisipasi, karena pada saat ini paling tidak pertengahan bulan kecenderungan untuk agak lambat air menurun akan jadi hambatan," jelas Mulyono. 

"Kita memprediksi akhir pekan ini hujan masih akan terjadi di Jabodetabek, peningkatan curah hujan ke arah sebagian besar pulau Jawa. Peningkatan curah hujan meningkat akhir pekan, 3 hari ke depan," kata Hariyadi Kepala Bidang Cuaca Ekstrem BMKG Hariyadi. Puncak musim hujan, berpeluang terjadi pada pertengahan Januari 2013 ini hingga pertengahan Februari 2013.


LIKE THIS..?? SHARE THIS ARTICLE..........

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Copyright © 2011. Forzant Blog . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from Maskolis