Popular Post

Home » » Cara Mudah Mencegah Hipertensi

Cara Mudah Mencegah Hipertensi

Written By Bodhonk on Selasa, 25 September 2012 | 00.01




Dua jenis sayuran, seledri dan wortel, dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.
Hipertensi termasuk sebagai silent killer, penyakit yang membunuh diam-diam. Tanpa gejala serius dan keluhan, ganguan tekanan darah tinggi cenderung menyebabkan dan memicu penyakit jantung, gagal ginjal, dan stroke.
Di tengah ancaman serangan fatal, kita harus melakukan kebiasaan sehat dengan olahraga teratur dan mengonsumsi makanan yang dapat mengontrol tekanan darah tinggi untuk mengatasi hipertensi. Makanan sehat yang dimaksud adalah sebagai berikut.
  • Cokelat hitam. Bukan berarti kita lantas mengadaka pesta cokelat. Tingginya kandungan flavonoid yang terkandung di dalam cokelat, kita hanya perlu makan sekitar 25 – 30 kalori per hari untuk membantu menurunkan kadar tekanan darah dalam tubuh. Ulasan dari sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BMC Medicine menunjukkan kandungan flavanol cokelat berperan untuk memicu pelebaran pembuluh darah, dan kondisi ini pada gilirannya akan menurunkan tekanan darah. Flavanol terbukti meningkatkan pembentukan oksida nitrat endotel,  yang mendukung penurunan tekanan darah, demikian disampaikan peneliti dari University of Adelaide, Dr. Karin Ried.
  • Kedelai. Ada banyak keuntungan mengonsumsi kedelai untuk kesehatan. Salah satunya untuk menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah tinggi. Dengan kandungan kalium dan isoflavon yang cukup bagus, kedelai efektif untuk membantu memerangi peningkatan tekanan darah dalam tubuh.
  • Tomat. Tomat kaya antioksidan, sehingga dapat membantu tingkat tekanan darah dalam tubuh.  Penelitian Ben Gurion University memperkuat hal tersebut yang menunjukkan konsumsi ekstrak tomat selama 16 minggu dapat mengurangi rata-rata 10 poin pada tekanan darah sistolik (ketika jantung berkontraksi) dan sekitar 4 poin tekanan darah diastolik (saat jantung berelaksasi).
  • Bayam. Tidak hanya kaya akan serat, sayuran hijau juga mengandung magnesium dan kalium yang penting untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Kandungan folat dalam bayam juga dapat melindungi terhadap senyawa kimia homosistein yang memicu serangan jantung dan stroke.
  • Pisang. Sebuah penelitian tahun 2005 yang terbitkan dalam jurnal Hypertension menemukan menurunkan tekanan darah dengan makanan kaya kalium, seperti pisang. Hasil penelitian ini telah diperkuat oleh sejumlah penelitian yang menunjukkan manfaat pisang untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Seledri. Praktisi pengobatan Oriental telah lama memanfaatkan seledri untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Makan sedikitnya empat batang seledri setiap hari untuk menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Namun, seledri juga mengandung senyawa natrium dan lainnya yang justru memiliki efek negatif ketika dikonsumsi dalam jumlah besar.
  • Bawang putih. Bawang putih adalha obat ajaib untuk jantung. Bawang putih berefek mengungungkan pada semua sistem kardiovaskular termasuk tekanan darah. Dalam sebuah penelitian, ketika orang dengan hipertensi diberi satu siung bawang putih setiap hari selama 12 minggu, tekanan darah diastolik mereka dan kadar kolesterol secara signifikan berkurang. Makanlah satu siung kecil bawang putih setiap hari dapat membantu mengelola hipertensi. Gunakan bawang putih dalam masakan, seperti sup, salad, acar, dll.
  • Bawang. Bawang juga berguna bagi hipertensi. Dua sampai tiga sendok makan minyak esensial bawang sehari dapat menurunkan tingkat sistolik rata-rata 25 poin dan tingkat diastolik sebesar 15 poin pada penderita hipertensi. Tentu saja, karena bawang adalah sepupu dari bawang putih.
  • Brokoli. Glucoraphanin, yang juga dikenal sebagai sulforaphane glucosinolate (SGS), suatu senyawa yang secara alamiah ditemukan di tunas brokoli dan brokoli, membantu mengurangi risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.
  • Wortel. Wortel yang tinggi kalium, dapat membantu mencegah dan mengontrol tekanan darah tinggi. Wortel juga tinggi beta-karoten, yang menurut penelitian dapat mengurangi risiko penyakit jantung karena tekanan darah tinggi. Jus wortel membantu menjaga tekanan darah normal dengan mengatur fungsi jantung dan ginjal. Dosis yang dianjurkan adalah 240 ml campuran dari satu bagian jus seledri, satu bagian jus wortel dan satu bagian air, minumlah setidaknya sekali sehari.
  • Rempah-rempah. Rempah-rempah seperti adas, oregano, lada hitam, kunyit, dan basil juga memiliki bahan-bahan aktif yang bermanfaat dalam membantu menurunkan hipertensi. Gunakanlah rempah-rempah dalam masakan.
  • Susu skim. Mengandung kalsium, kalium, dan vitamin D, yang akan berkolaborasi membantu mengurangi tekanan darah dan menjaga tubuh tetap sehat.
Bila tekanan darah Anda tetap tinggi setelah mengonsumsi makanan sehat tersebut, segera konsultasikan dengan dokter.

Like This..?? Share This Article..........

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Copyright © 2011. Forzant Blog . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from Maskolis