Popular Post

Home » » Tujuh Kandungan Isi yang Harus Dihindari

Tujuh Kandungan Isi yang Harus Dihindari

Written By Bodhonk on Kamis, 12 Juli 2012 | 12.16

foto


Toronto - Ketika berburu makanan sehat, kebanyakan dari kita akan mengamati tabel fakta nutrisi pada bahan pangan dalam kemasan yang hendak kita beli. Tapi penulis Andrea Donsky mengatakan itu pendekatan yang salah.

"Mulailah dengan bahan-bahan isinya. Karena sungguh, jika ada bahan berbahaya, maka tidak peduli berapa banyak lemak dan kalori dalam suatu produk menjadi tak relevan," katanya kepada CTV.

Penulis yang baru-baru ini merilis sebuah buku berjudul Unjunk Your Junk Food itu mengatakan ada tujuh unsur utama yang harus dihindari konsumen. Ketujuh bahan yang biasanya terkandung dalam makanan kemasan itu adalah sirup jagung tinggi fruktosa, trans fat, MSG (monosodium glutamate), pemanis buatan, pewarna buatan (terutama kuning dan merah), perasa buatan, serta pengawet. 

"Ketujuh bahan ini mendatangkan malapetaka pada sistem kekebalan tubuh," kata Donsky.

Sirup jagung berkadar fruktosa tinggi, katanya, sering kali muncul dalam makanan yang kita pikir sehat. Kadang-kadang bahkan tersembunyi dan terdaftar sebagai "glukosa-fruktosa" saja. "Sirup ini adalah gula murah yang biasa digunakan perusahaan makanan, tapi mendatangkan biaya yang tinggi untuk tubuh dan kesehatan kita," kata Donsky.

Fruktosa sirup jagung menyebabkan obesitas dan resistensi insulin, yang merupakan tanda awal diabetes tipe 2 dan penyakit jantung, katanya.

Lemak trans juga telah dikaitkan dengan penyakit jantung, diabetes, dan kanker. "Itulah sebabnya mengapa sebagian besar peneliti mengatakan tidak ada batas aman dari lemak trans dalam makanan kita," ujarnya.

Banyak produsen makanan, katanya, juga ''main-main'' dengan kadartrans fat ini. Produk memiliki kurang dari 0,2 gram lemak trans per porsi, mereka diizinkan untuk menulis "nol" pada label fakta nutrisi.

Bagaimana mengendus jejaknya dalam makanan? Gampang, kata Donsky. "Waspadai kalau ada kata-kata seperti partially hydrogenated, shortening, atau hydrogenated. Ketiga istilah tersebut berarti mereka memiliki lemak trans dalam produk," katanya.


Like This..?? Share This Article........... 

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Copyright © 2011. Forzant Blog . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from Maskolis