Popular Post

Home » » Partikel Tuhan, Siapa yang Berhak Dapat Nobel?

Partikel Tuhan, Siapa yang Berhak Dapat Nobel?

Written By Bodhonk on Selasa, 10 Juli 2012 | 11.02

foto


Jenewa: Penemuan tentang partikel tuhan membawa kabar gembira bagi fisikawan. Tapi itu justru jadi berita yang memusingkan bagi Komite Nobel. Sebab penemuan ilmiah terbesar di tahun ini pasti akan memenangkan hadiah nobel fisika. Nah, siapa yang berhak, masih tanda tanya.

Biasanya, pemegang nobel ilmiah diberikan maksimum untuk tiga orang. Khususnya yang berkontribusi terbesar. Aturan ini memang kuno, didasarkan dari penelitian waktu dulu yang kebanyakan dilakukan oleh individu atau sekelompok kecil orang.

Padahal, tempat pembuktian keberadaan partikel tuhan, yaitu Badan Kajian Atom Eropa, CERN, memiliki ribuan ilmuwan. Khusus penelitian teori Higgs-Boson, ada dua tim CERN yang melakukan percobaan. Mereka melacak jejak partikel subatomik yang tersebar di antara puing reruntuhan dari seribu triliun tabrakan yang terjadi di Large Hadron Collider. Semuanya berhak mendapatkan penghargaan.

Teori Higgs-Boson sendiri dikembangkan oleh tiga kajian pada 1964. Mereka saling bekerja sama. Pertama tentunya adalah Peter Higgs, lalu tahap kedua ada dua ilmuwan Belgia, Robert Brout dan Francois Englert. Terakhir adalah sebuah kelompok ilmuwan dari Amerika Serikat dan Inggris. Tiga tim itu bekerja secara terpisah.

Jadi sekarang ada lima orang pengembang teori yang masih hidup, termasuk Higgs. Mereka bisa saja mengklaim hadiah nobel. Begitu pula CERN, tempat penemuan Higgs-Boson.

Kebingungan masalah ini adalah isu yang biasa terjadi dalam komite Nobel. Memang, pembatasan penerima nobel, menjadi suatu prestise tersendiri bagi penerimanya. Padahal di sains modern, semakin sedikit penemuan yang hanya dilakukan oleh segelintir orang.

Putra Higgs, Jonny Higgs, 43. menuturkan nobel sangat berarti bagi ayahnya. Nobel ilmiah adalah pengakuan tertinggi kemampuan seorang ilmuwan. Sejumlah kolega dan rekannya, kemarin berharap pencetus pria 83 tahun itu bisa dihargai dengan Nobel Fisika.




Like This..?? Share This Article........... 

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Copyright © 2011. Forzant Blog . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from Maskolis