Popular Post

Home » » Minum Teh Berlebihan Picu Kanker Prostat

Minum Teh Berlebihan Picu Kanker Prostat

Written By Bodhonk on Selasa, 10 Juli 2012 | 09.40

foto



Jakarta: Minum teh bisa membawa manfaat. Tapi berbeda keadaannya jika jumlah teh yang diminum berlebihan. Sebuah penelitian menunjukkan lelaki yang minum banyak teh bisa terkena kanker prostat.

Peneliti dari University of Glasgow menemukan mereka yang minum tujuh cangkir teh atau lebih mempunyai resiko 50 persen lebih tinggi terkena penyakit dibanding pria yang minum hanya tiga cangkir atau kurang. Peringatan ini dilakukan setelah para peneliti melakukan penelusuran pada lebih dari enam ribu pria selama empat dekade.

Temuan itu berlawanan dengan hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan minum teh bisa menurunkan risiko kanker, seperti penyakit jantung, diabetes, dan penyakit Parkinson. 

Studi terbaru yang dipimpin Kashif Shafique dan dimulai sejak 1970 ini melibatkan partisipan berusia antara 21-71 tahun. Mereka diberikan pertanyaan tentang kebiasaan konsumsi teh, kopi, dan alkohol sebagaimana kebiasaan merokok dan kesehatan umum mereka.

Hasilnya, seperempat dari 6.016 pria adalah peminum teh berat yang mengkonsumsi tujuh cangkir atau lebih teh per hari. Dari jumlah itu, 6,4 persen terkena kanker prostat dalam 37 tahun berikutnya.

“Kebanyakan riset sebelumnya telah menunjukan tidak ada hubungan kanker prostat untuk teh hitam, atau efek preventif dari teh hijau,” kata Shafique dalam jurnal Nutrition and Cancer. Shafique melanjutkan, pihaknya tidak tahu apakah teh itu sendiri adalah faktor resiko ataukah peminum teh umumnya lebih sehat dan hidup sampai usia tua ketika kanker prostat terjadi.

Shafique mengatakan mereka yang minum banyak teh cenderung lebih kurang mengalami berat badan berlebih. Sedangkan minum alkohol lebih cenderung mempunyai kadar kolesterol yang lebih tinggi. 

“Meskipun demikian, kami melakukan penyesuaian untuk perbedaan-perbedaan tersebut dalam analisis kami dan masih menemukan bahwa pria yang minum banyak teh berada pada risiko terbesar terkena kanker prostat,” katanya.

Shafique menekankan bahwa timnya tidak memperhatikan kemungkinan adanya partisipan yang minum teh hitam yang mungkin bertanggung jawab terhadap aktivitas karsiogenik pada sel-sel prostat.

Penelian tentang teh sebelumnya yang dilakukan peneliti lain menemukan manfaat kesehatan dari flavonoid. Ini adalah zat antioksidan yang ditemukan dalam teh yang diangap sebagai pengontrol inflamasi pada sel, menguranggi pembekuan darah dan membatasi penyempitan arteri.



Like This..?? Share This Article........... 




0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Copyright © 2011. Forzant Blog . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from Maskolis