Popular Post

Home » » Blackburne (1913 – 1922)

Blackburne (1913 – 1922)

Written By Bodhonk on Senin, 05 Maret 2012 | 08.56


http://www.gracesguide.co.uk/File:ImMCMus-Blackburne1925.jpg
Blackburne adalah nama dagang dari PT Burney & Blackburne yang merupakan produsen sepeda motor Inggris antara tahun 1913 – 1922 di Tongham dekat Farnham, Surrey.
Pada awalnya, Cecil dan Alec Burney membeli hak untuk mesin rancangan Geoffrey De Havilland. Kemudian bersama dengan Mayor Blackburne dari Birkhamstead, Hertfordshire, mereka membangun sepeda motor.  Karena merupakan mesin rancangan Geoffrey de Havilland, sepeda motor Blackburne pertama kali dikenal dengan nama de Havilland
http://www.uh.edu/engines/geoffreydehavilland1920.jpg
1913

Merupakan tahun pertama motor Blackburne dibuat.  Menggunakan mesin 499cc 3.5HP SV dengan roda gila yang bagian luarnya sangat besar dan crankshaft tempa.  Kombinasi tersebut membuatnya menjadi salah satu mesin motor terhalus pada masanya.  Selain itu, motor pertama ini juga memiliki gigi tiga kecepatan berpenggerak sabuk dan garpu / fork Saxon.  Pada akhir tahun ini, perusahaan pindah ke Tongham, Surrey. 
http://www.gracesguide.co.uk/images/8/8a/Im1917RACHbk-Black.jpg
1914 – 1915

Sudah mengadopsi girbox tiga kecepatan Sturmey-Archer dan garpu merk Druid yang terkenal.  Sebuah model balap berkecepatan tunggal juga terdaftar.
1916
Kedua model sebelumnya masih tercantum pada tahun ini, kemudian ditambahkan model 3.5HP dengan tiga kecepatan.
Pasca PD I
Industri pindah ke OEC di Gosport, Hampshire.
1919
Pada tahun ini tercatat ada tiga model.  Model keluaran tahun 1916 sekarang sudah memiliki penggerak rantai keseluruhan dengan kekuatan 4HP.  Dua model lainnya menggunakan mesin tunggal 2,75HP dengan dua kecepatan dan kombinasi V-Twin 8HP.  Perusahaan kemudian menjual hak sendiri di OEC. 
1921

Hanya model mesin combo V-Twin dan mesin single 4HP yang terdaftar pada tahun ini. 
http://www.cybermotorcycle.com/gallery/blackburne/images/Blackburne_1921_450cc.jpg
1922

Pada tahun ini hanya mesin Twin saja yang diproduksi.  Dengan campur tangan OEC, perusahaan kemudian digabungkan dan setelah itu Blackburne berkonsentrasi memproduksi mesin untuk perusahaan lain hingga ke dekade berikutnya pada sekitar tahun 1937.
http://www.gracesguide.co.uk/images/7/70/Im19220215BN-Burney.jpg
Pasca 1922
Pada tahun 1922, Blackburne Tomtit 670 cc V-Twin pertama diuji coba di arena uji coba Lympne.  Tomtit merupakan mesin pesawat yang dimodifikasi dari mesin pesawat kecil Lympne V-Twin dua silinder berkapasitas 696 cc.

Pada tahun 1924 perusahaan memproduksi Blackburne Thrush yang dijalankan oleh mesin tiga silinder, masih merupakan mesin pesawat ringan.  Desain mesin pertama berkapasitas 1098 cc, disesuaikan secara konsisten berdasarkan batas kapasitas maksimal percobaan pesawat ringan di Lympne pada tahun 1924.
Mesin diperbesar dan ditingkatkan tahun selama 1925 hingga mencapai 1494 cc dengan diadakannya percobaan udara selama tahun 1926.  Pada akhir 1925 mesin Blackburne berhasil melewati uji Departemen Udara dengan pengujian operasional 100 jam.   Ada dua mesin hidup yang masih selamat hingga sekarang, salah satunya berkapasitas 1100 cc dan satu lagi 1.500 cc di museum Shuttleworth di Old Warden.
Keberhasilan
Antara 1923 dan 1930, pembalap Norris mendapatkan sukses dengan mengendarai Blackburne KMA, pembalap Harold Beart menggunakan Blackburne KMB (mesin racing), dan Jackson menggunakan Blackburne KMC (mesin  sport). 

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Copyright © 2011. Forzant Blog . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from Maskolis