Popular Post

Home » » Makanan & Minuman Yang Bisa Timbulkan Efek Dingin Saat Kegerahan

Makanan & Minuman Yang Bisa Timbulkan Efek Dingin Saat Kegerahan

Written By Bodhonk on Rabu, 29 Agustus 2012 | 12.20


Makanan & Minuman Yang Bisa Timbulkan Efek Dingin Saat Kegerahan
Jakarta - Matahari yang bersinar terik ditambah dengan hujan yang jarang turun membuat udara terasa panas. Karena inilah banyak orang malas keluar rumah di siang hari. Namun, bagi Anda yang terpaksa beraktivitas di luar ruangan, ada solusi agar tetap merasa adem.

Beberapa makanan dan minuman menimbulkan efek dingin pada tubuh setelah dikonsumsi. Peneliti dari American Chemical Society (ACS) baru-baru ini melansir daftar makanan yang cocok untuk dikonsumsi saat musim panas. Anehnya, tidak ada minuman dingin di dalamnya.

1. Teh
Secangkir teh hangat justru dapat membuat tubuh Anda adem saat cuaca panas. Di dalamnya terkandung tannin, bahan yang mampu mendinginkan tubuh. ACSpun memasukkan teh sebagai salah satu minuman yang paling baik untuk mengusir panas. Bagaimanapun juga, kandungan kafeinnya masih menjadi perdebatan.

2. Mentimun
Buah dan sayuran yang banyak mengandung air cocok untuk dikonsumsi saat musim panas. Sebut saja mentimun, semangka, dan seledri. Mentimun dinobatkan  oleh ACS sebagai makanan yang paling hebat untuk mendinginkan tubuh.

3. Roti gandum utuh
Ternyata roti gandum utuh tak hanya baik untuk pencernaan dan bagi orang yang sedang diet. Makanan yang mengandung biji-bijian mengandung magnesium dan kalsium, sehingga dapat mencegah kram saat panas.

4. Kari
Makanan pedas seperti kari biasanya dihindari saat cuaca panas. Padahal makanan ini dapat membuat kita berkeringat dan membantu penguapan sehingga suhu tubuh tetap rendah. Karena itulah kuliner khas negara-negara tropis seperti Indonesia banyak didominasi masakan pedas.

5. Bir dan Wine
Bir dapat dijadikan minuman untuk mendinginkan tubuh asal diteguk dalam suhu ruang, bukan bir dingin. Sementara, wine mengandung tannin yang dapat membuat tubuh sejuk. Meski demikian, batasilah konsumsinya.


Like This..?? Share This Article...........

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Copyright © 2011. Forzant Blog . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from Maskolis