Popular Post

Home » » Bakteri Rumput Laut Mikroba Bisa Mencegah Kerusakan Pada Gigi

Bakteri Rumput Laut Mikroba Bisa Mencegah Kerusakan Pada Gigi

Written By Bodhonk on Selasa, 30 Oktober 2012 | 14.18

mikroba-Bacillus-licheniformis.jpg


Suka makan rumput laut? Tak hanya bisa diolah menjadi berbagai macam makanan lezat, rumput laut ternyata juga memiliki manfaat lain. Ilmuwan Inggris menemukan bahwa menambahkan enzim dari mikroba yang terdapat pada rumput laut bisa memberikan perlindungan kepada gigi. Jika ditambahkan pada pasta gigi, zat ini bisa mencegah kerusakan gigi.

Mikroba tersebut bernama Bacillus licheniformis. Para peneliti du Newcastle University meyakini bahwa enzim yang dihasilkan oleh mikroba ini bisa membersihkan kerak gigi dan melindungi daerah sela-sela gigi yang sulit dijangkau. Tes di laboratorium memperlihatkan bahwa enzim yang dihasilkan mikroba ini bisa menghilangkan plak dan membersihkan gigi dari bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi.

"Plak gigi terdiri dari bakteri yang berkumpul pada suatu daerah di gigi," jelas Dr Nick Jakubovics, peneliti dari University's School of Dental Science, pada BBC (04/07). 

"Pasta gigi bekerja dengan cara tradisional, yaitu menyikat plak dan bakteri-bakteri ini. Tetapi cara ini tak selalu efektif. Itulah mengapa orang yang rajin sikat gigi masih terkena gigi berlubang," tambahnya.

Peneliti menemukan bahwa enzim yang dikeluarkan oleh mikroba ini bisa menghilangkan beberapa bakteri yang membuat gigi busuk. Saat bakteri-bakteri itu mati, mereka meninggalkan biofilm pada gigi. Menurut para ilmuwan, zat tersebut tidak berbahaya dan malah bisa melindungi gigi dari bakteri berbahaya.

Meski begitu, peneliti mengharapkan adanya penelitian lebih lanjut sebelum mengembangkan enzim ini pada produk yang bisa digunakan masyarakat. 

"Kami berharap bisa memanfaatkan enzim ini untuk menjadi pasta gigi, obat kumur, atau pembersih gigi," kata Jacubovics. Sebelum hasil temuan ini berubah menjadi produk yang bisa dinikmati, mungkin ada baiknya mulai sekarang kita rajin mengonsumsi rumput laut untuk melindungi gigi. 

Like This..?? Share This Article........

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Copyright © 2011. Forzant Blog . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from Maskolis