Popular Post

Home » » Muncul Binatang Berbahaya, Akibat Nuklir Fukushima

Muncul Binatang Berbahaya, Akibat Nuklir Fukushima

Written By Bodhonk on Rabu, 29 Agustus 2012 | 13.25


Muncul Binatang Berbahaya, Akibat Nuklir Fukushima
Tokyo, Radiasi radioaktif dari bocornya reaktor nuklir Daiichi di Fukushima, Jepang, telah mengakibatkan mutasi genetik besar-besaran. 

Mutasi ini membuat pertumbuhan abnormal pada satu jenis kupu-kupu.

Para ilmuwan baru-baru ini mendapati infeksi radiasi yang tinggi dari 144 sampel kupu-kupu pale grass biru di sekitar area instalasi nuklir. Hasil studi laboratorium menunjukkan, mutasi genetik tersebut berkaitan erat dengan material radioaktif.

Kepala tim peneliti dari "University of Ryukyus", Okinawa, Joji Otaki mengatakan, mutasi pada serangga mencakup pertumbuhan yang tidak biasa di bagian kaki, antena, dan sayap. Menurut dia, temuan ini sangat mengejutkan sekaligus memprihatinkan.

"Serangga tergolong spesies yang sangat tahan terhadap radiasi. Dalam konteks ini, temuan kami sangat mengejutkan," ungkap Otaki  dikutip Press TV, Selasa (14/8).

Otaki dan tim peneliti juga sempat memperanakkan sampel-sampel serangga tersebut. 

Hasilnya, ditemukan abnormalitas yang berbeda dibanding generasi sebelumnya. Abnormalitas itu di antaranya ketidaksempurnaan bentuk antena yang sangat vital bagi serangga untuk mengeksplorasi lingkungan dan mencari pasangan.

Sebuah studi lain menunjukkan, spesies-spesies binatang di sekitar Fukushima memiliki rasio mutasi dua kali lipat lebih besar dibanding spesies di tempat lain. Tingginya rasio mutasi itu disebabkan oleh makanan yang terkontaminasi dan materi DNA yang diturunkan dari generasi sebelumnya.

Like This..?? Share This Article...........

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Copyright © 2011. Forzant Blog . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from Maskolis