Popular Post

Home » » Diet Untuk Atasi PMS

Diet Untuk Atasi PMS

Written By Bodhonk on Selasa, 26 April 2011 | 23.25


Emosi yang tidak karuan saat PMS, ditambah keluhan fisik lainnya bisa hilang dengan mengatur makanan Anda.  
Wanita terkenal dengan sifatnya yang suka uring-uringan dan moody, namun kebanyakan dari kita tidak merasa. Wajar saja, karena hal ini biasanya terjadi di saat-saat tertentu saja sehingga kita sering tidak menyadarinya. Masa-masa ketika mendekati menstruasi, atau yang sering disebut Pra-Menstruasi Sindrom (PMS) membuat emosi seorang wanita menjadi tidak stabil. Ditambah lagi dengan keluhan seperti nyeri di bagian tubuh tertentu, migrain dan sakit punggung yang semakin mempersulit kita untuk mengontrol emosi.

Sebenarnya mudah saja untuk menghindari gangguan akibat PMS ini. Asalkan tubuh Anda tercukupi dengan nutrisi yang dibutuhkan, maka gangguan emosional dan fisik bisa diminimalkan. Apa saja yang harus disantap dan harus dihindari, berikut ini diet untuk mengatasi PMS.

1. Kurangi makanan tinggi garam seperti potato chips, asinan dan kripik-kripik.

2. Batasi konsumsi lemak dari hewan dan gorengan.

3. Makan teratur dengan porsi kecil namun sering. Sebagian gejala PMS diperparah oleh kondisi perut yang kosong atau lapar, akibatnya perut menjadi kembung bahkan hingga mual.

4. Cukupi kebutuhan gula dengan mengonsumsi minuman manis di pagi dan siang hari. Minuman manis bisa juga diganti dengan kudapan manis seperti coklat dan permen yang disantap di antara makan pagi dan siang. Agar tidak berlebihan, tetapkan jadwal untuk menyantap kudapan manis, dan jangan mengonsumsinya di luar jadwal.

5. Di sore dan malam hari, perbanyak konsumsi buah dan sayuran hijau yang baik untuk menjaga kesegaran tubuh. Sayuran yang mengandung magnesium dan juga vitamin E, seperti bayam dan kecambah, sangat baik untuk metabolisme tubuh saat PMS.

6. Biasakan minum air putih dua gelas di pagi hari, siang hari, sore dan malam hari untuk mencukupi kebutuhan air tubuh. Air membantu proses metabolisme dalam tubuh berlangsung lebih baik, oleh karena itu kecukupan air sangat penting sekali.

7. Di sore hari, luangkan waktu untuk menikmati minuman yang menenangkan seperti teh hijau, teh chamomile, teh chrysantemum dan juga kayu manis. Selain rasa hangatnya mampu menenangkan kram di perut, aromanya juga sanggup menenangkan emosi yang tidak sta

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Copyright © 2011. Forzant Blog . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from Maskolis