Popular Post

Home » » Cuci Tangan, Seberapa Penting Sih?!

Cuci Tangan, Seberapa Penting Sih?!

Written By Bodhonk on Selasa, 26 April 2011 | 23.28


Beberapa wanita merasa enggan bila harus sering-sering mencuci tangan. Alasannya, mereka tak ingin kulit tangan menjadi cepat kering. Benarkah demikian?!  
Mencuci tangan merupakan salah satu cara paling mudah untuk menghilangkan bakteri dan kuman penyakit dari tubuh, sehingga dengan demikian Anda bisa mengurangi resiko terkena penyakit, seperti diungkapkan oleh Dr. Mercola yang aktif di Optimal Wellness Center, Chicago.

Jadi, mencuci tangan, walau kelihatan sepele, sebenarnya sangat penting untuk membantu tubuh tetap berada dalam keadaan sehat. Lagipula kita semua tahu faktanya, bahwa kuman ada di mana-mana. Bahkan tempat, tas, meja, lantai, pegangan pintu, hingga tas baru pun yang walau tampak bersih, bisa menjadi sarang kuman yang cenderung tak kasat mata. [break]

Selain di mana-mana, kuman terbukti berpindah lebih mudah saat bersalaman daripada jika seseorang berciuman dengan orang lain. Bakteri yang menyebabkan infeksi pada lambung seperti salmonella, campylobacter dan norovirus juga bisa berpindah dengan mudah melalui jabat tangan dengan orang lain.

Mencuci tangan secara berkala bahkan lebih efektif daripada mengkonsumsi obat-obatan atau suplemen pencegah flu.

Sabun anti bakterial yang dikatakan lebih baik daripada sabun biasa ternyata terbukti tidak melindungi lebih baik. Sabun dan air juga berfungsi lebih baik daripada cairan pembersih tangan. Kebanyakan cairan pembersih tangan mengandung triclosan yang manjur membunuh bakteri dan mencegahnya datang kembali, namun sayang triclosan tak hanya membunuh bakteri, namun juga sel tubuh manusia. [break]

Oleh karena itu, pilihlah proses cuci tangan yang alami saja daripada yang praktis. Untuk proses cuci tangan yang baik dan benar adalah sebagai berikut: gunakan air hangat, gosok tangan hingga pergelangan selama 10-15 detik, jangan lupa dengan bagian-bagian tersembunyi seperti ruas antar-jari dan ujung kuku, lalu bilas kembali hingga bersih.

Meski begitu, Anda tidak perlu mencuci tangan setiap 5 menit atau hampir setiap waktu dalam keseharian Anda. Ini akan menyebabkan kelembaban alami kulit hilang dan dapat menyebabkan kulit jadi rapuh sehingga mudah luka dan berdarah. Terlalu sering mencuci tangan memang bisa menyebabkan kulit kering dan mudah terinfeksi.

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa cuci tangan merupakan cara termudah untuk mengurangi resiko sakit pada seseorang, maka tentu ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem imun tubuh, yaitu dengan istirahat cukup, kurangi stres, olahraga, berjemur tiap pagi agar tubuh mendapat asupan vitamin D alami, serta sedapat mungkin menghindari gula dan makanan bertepung, sebaliknya konsumsi makanan berserat.

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Copyright © 2011. Forzant Blog . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from Maskolis