Popular Post

Home » » Bahaya Memasak Mie Instan Bersama Bumbunya

Bahaya Memasak Mie Instan Bersama Bumbunya

Written By Bodhonk on Rabu, 12 Juni 2013 | 15.37


bahaya memasak mie instan dengan bumbu


Mie instan adalah sebuah produk yang sangat laris di pasar Indonesia. Para produsen mie Instan di Indonesia selalu melakukan inovasi cita rasa, sehingga mie Instan yang dijual memilik berbagai macam varian rasa. Selain kemudahannya untuk dimasak dan dibawa, berbagai macam rasa yang sesuai dengan lidah orang Indonesia, membuat mie instan menjadi salah satu makanan Andalan.
Dibalik kelezatan dan kemudahannya, mie Instan menurut beberapa sumber bukanlah makanan yang sehat karena mengandung zat-zat pengawet. Oleh sebab itu konsumen harus tahu bahwa mengkonsumsi makanan berpengawet terlalu sering akan memberi dampak buruk bagi kesehatan.
Kita sudah terlalu banyak menkonsumsi makanan kemasan (yang biasanya berpengawat), termasuk mie Instan. Mengendalikan diri untuk tidak terlalu sering memakan mie instan adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh kita.
Selain itu, kita juga perlu tahu bagaimana cara menkonsumsi mie instan yang lebih sehat. Memakan mie Instan tanpa memasaknya terlebih dahulu adalah cara yang cukup berbahaya, karena zat pengawet yang ada dalam mie langsung masuk ke dalam tubuh. Jika mie telah direbus, zat-zat pengawet yang ada dalam mie akan larut ke dalam air rebusan, meskipun kita tidak tahu berapa persen yang masih tersisa. Lalu sebaiknya air rebusan mie dibuang dan memakai air panas lain.
Lalu bagaimana dengan bumbunya, jika air rebusan dibuang? Banyak orang yang tidak memerhatikan tata cara masak mie Instan yang baik sesuai petunjuknya. Dalam setiap kemasan mie instan ada petunjuk langkah-langkah memasaknya. Pertama
merebus air sampai mendidih, lalu mie dimasak dalam rebusan air tersebut, sementara menunggu mie matang, siapkan bumbu di dalam piring, baru setelah mie matang campurkan bumbu ke dalam mie.
Banyak orang yang merebus mie instan bersamaan dengan bumbu-bumbunya. Padahal cara ini sangat tidak baik. Apa Alasannya?
bumbu mie Instan mengandung bahan yang disebut dengan MSG (Monosodium Glutamate), yaitu zat penambah rasa makanan terbuat dari hasil fermentasi zat tepung dan tetes gula tebu atau beet.
MSG yang sering disebut juga dengan michin berfungsi sebagai penyedap rasa. Tapi kita perlu tahu, MSG berbahaya jika dipanaskan hingga mencapai suhu 120 derajat celcius lebh. MSG yang dipanaskan melebih suhu tersebut akan berpotensi menjadi Karsinogen.
Apa itu Karsinogen? Karsinogen merupakan zat penyebab kanker. Zat Karsinogen mampu merubah DNA (asam deoksiribonukleat) di dalam sel-sel tubuh, hal ini akan menggangu proses-prose biologis. Jika tubuh kita sering mengalami perubahan ini, maka kanker dapat mudah muncul dalam tubuh.
Kita sebagai konsumen harus jeli dan tahu dengan benar sebelum menkonsumsi makanan maupun minuman Instan. Tidak hanya mie Instan, makanan dan minuman lainnya yang ada dalam kemasan perlu kita waspadai. Jangan sering makan dan minum makanan dan minuman kemasan, mungkin itu cara terbaik
Like This..?? Share This Article.......

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Copyright © 2011. Forzant Blog . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from Maskolis