Popular Post

Home » » Politikus Indonesia dalam Karakter Serial Kartun Televisi

Politikus Indonesia dalam Karakter Serial Kartun Televisi

Written By Bodhonk on Rabu, 24 April 2013 | 10.45


Belakangan ini suhu politik dinegara Indonesia sedang mengalami tensi yang tinggi, ditengah skandal korupsi kian merebak disertai dengan intrik politik yang menimbulkan keresahan ditengah masyarakat. Sekedar mengendurkan syaraf saya membuat ilustrasi tentang kemiripan tokoh politik negeri ini dengan karakter serial kartun televisi, berikut ulasannya.

1. Susilo Bambang Yudhoyono
Beliau adalah Presiden Republik Indonesia yang oleh media luar negeri The Economistdiberi sebutan 'the lame duck'. Di mata rakyat Indonesia sendiri beliau adalah tipikal pemimpin yang peragu, lambat dalam mengambil keputusan dan dikenal dengan presiden penuh pencitraan. Penulis berpendapat Presiden SBY relatif mirip dengan karakter Lionel Hutz, yaitu seorang pengacara Springfield dalam serial film kartun The Simpsons.

Karakter Lionel Hutz sendiri ialah seorang pengacara gagal, dimana banyak kasus yang tak dapat dia menangkan. Pengacara ini secara finansial miskin dan mau melakukan apa saja demi mendapatkan uang.



 2. Aburizal Bakrie
Dia saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar, pengusaha ini diusung partainya sebagai kandidat Presiden RI pada pemilu 2014. Kasus Lumpur Lapindo di Sidoarjo membuat namanya tidak populer selain kasus penggelapan pajak yang membuatnya berseteru dengan menteri keuangan Sri Mulyani pada beberapa tahun yang lalu.

Secara karakter wajah Aburizal Bakrie relatif mirip dengan tokoh kartun antagonis Snidely Whiplash. Tokoh kartun klasik ini memiliki stereotip sebagai penjahat dalam film bisu dan era awal mula film melodrama. Quote yang terkenal dari penjahat ini adalah "ambil obor itu, bakar semuanya!"

.


3. Ruhut Sitompul
Pengacara nyentrik yang pernah membintangi serial sinetron gerhana ini sering melontarkan pernyataan-pernyataan kontroversial. Dia sangat loyal bahkan cenderung menjilat kepada Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Bapak Presiden SBY. Apasaja akan dia lakukan untuk membela bigboss dan komunitasnya sehingga publik sering mencercanya. Karakter ini sangat mirip dengan Dr. Evil dalam serial film Austin Powers.

Dr. Evil adalah kepala organisasi kriminal tokoh antagonis utama yang berambisi untuk menguasai dunia dibawah kekuasaannya. Ketika hampir dikalahkan oleh austin Powers dia memutuskan untuk membekukan diri dengan kucing kesayangannya. Walaupun sebagian besar kehidupannya penuh misteri, dalam sesi terapi yang dilakukan sekelompok dokter Dr. Evil menceritakan bahwa dia memiliki seorang bapak yang menderita narkolepsi yaitu penyakit saraf yang berkaitan dengan kelainan tidur juga memiliki kelainan seks. Ibunya adalah mantan pelacur sejak berusia 15 tahun, kehidupan kecil Dr. Evil banyak mengalami kekerasan dan pelecehan seksual.



4. Soetan Bhatoegana
Pendiri Partai Demokrat ini dikenal sebagai orang yang sangat loyal kepada Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, beliau kerap membela kebijakan partainya dan kader partai yang diduga terlilit maslaah korupsi. 

Penulis berpendapat beliau cenderung mirip dengan Mr. Burns tokoh antagonis serial kartun The Simpson. Karakter Mr. Burns dalam serial kartun karya Matt Groening ini adalah seorang pemilik perusahaan Pembangkit Tenaga Nuklir Springfield. Dia memiliki seorang kepercayaan yang bernama Smithers Waylon memiliki sifat penjilat, penasihat sekaligus pengagum rahasia Mr. Burns. Dia adalah stereotip pengusaha yang berambisi untuk memperkaya diri sendiri, haus kekuasaan dilain sisi beliau adalah pemimpin yang tidak memperdulikan kesejahteraan dan keselamatan kerja karyawannya bahkan tak pernah bisa menghapal nama karyawannya sendiri. 



5. Fauzi Bowo
Gubernur Dki jakarta ini dikenal dengan kumisnya, beliau menjabat gubernur sejak 2007 lalu. Foke adalah nama beliau di media massa, tokoh yang dikenal kurang ramah dengan media ini cenderung memiliki kemiripan dengan tokoh kartun Spacely sprockets.
Spacely adalah presiden dari perusahaan Spacely Space Sprockets, dimana George Jetson bekerja. Spacely merupakan stereotip pimpinan yang pemarah dan suka membentak, sering sekali berteriak memanggil anak buahnya bila ada performa pekerjaan yang dirasanya buruk. Selain itu Spacely sering membuat arena konflik dengan bawahannya sehingga terjadi permusuhan abadi antar mereka.



6. Anas Urbaningrum
Mantan Ketua PBHMI ini sekarang menjabat sebagai ketua umum Partai Demokrat. Ditengah cemerlangnya kariri politik itu skandal korupsi mencapai triliunan rupiah sedang membayanginya. Koleganya M. Nazaruddin membuka tabir praktek korupsi yang terjadi selama mereka aktif sebagai anggota DPR sehingga membikin riuh suhu politik negeri ini. 

Penulis memilih Porky Pig sebagai kartakter yang mirip dengan Anas, Babi kecil ini dikenal sebagai tokoh kartun Looney Tunes yang sangat gagap. Pada tiap akhir episode kartun looney tunes dia akan menutupnya dengan "th..thh..th..th.. that's all folks" yang artinya "..ii..ii...ii....iitulah pemirsa...!!"


















Like This..?? Share This Article.......

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Copyright © 2011. Forzant Blog . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from Maskolis