Popular Post

Home » » 7 Cara Unik untuk Relaksasi

7 Cara Unik untuk Relaksasi

Written By Bodhonk on Jumat, 12 April 2013 | 09.36


Relaksasi mampu menurunkan risiko serangan jantung, mengatasi masalah kesehatan mental, memperbaiki sistem kekebalan tubuh dan memori, serta menurunkan ketegangan otot. Namun selain sekadar pijat, ada banyak cara relaksasi unik yang dilakukan oleh orang-orang dari berbagai belahan dunia. (Oleh Marmi Panti Hidayah/Plasadana)



BAMBOO-FUSION MASSAGE

Bamboo-fusion massage

Teknik ini dikembangkan Nathalie Cecilia, terapis pijat bersertifikat Thailand yang tinggal di Amerika Utara, ketika Cecilia menangani klien seorang pria yang ingin tekanan lebih dalam pemijatan. Saat ia akhirnya menggunakan bambu untuk memijat, klien merasa pemijatannya sangat kuat.

Dalam pemijatan, ada beberapa bambu ataupun rotan yang dipotong dengan berbagai bentuk serta ukuran. Bambu divernis halus sehingga tidak melukai tubuh, lalu dihangatkan. 

Bambu hangat ini ditepuk-tepukkan, digelindingkan, dan ditekan-tekan ke bagian tubuh. Karena terasa hangat, pijatan bambu menimbulkan rasa nyaman, melemaskan otot, melancarkan aliran darah dan membuat rileks.


FIRE MASSAGE

Fire massage

Ada yang menggunakan lilin khusus yang dibalurkan ke tubuh kemudian dibakar, ada juga yang menggunakan handuk khusus dan alat mirip obor kecil yang menyala. 

Teknik pemijatan tersebut sama-sama terfokus pada lapisan kulit terluar (epidermis). Diawali dengan pemijatan untuk membuka pori-pori kulit, dilanjutkan dengan memberikan panas api ke bagian kulit terluar. Dalam masa ini terjadi proses detoksifikasi ringan, di mana tubuh akan bereaksi dengan api.

Sentuhan tarian api memberikan efek menenangkan, membangkitkan semangat, dan bikin rileks.


FIRE CUPPING

Fire cupping

Tekniknya hampir sama dengan fire massage yang  memanfaatkan panas api, tetapi cara dan alat yang digunakan berbeda.

Terapi yang banyak dilakukan di Cina ini dimulai dari bola kapas yang dicelupkan dalam alkohol dan disulut api. Bola kapas tersebut digunakan untuk memanaskan mulut cangkir. Setelah panas, mulut cangkir ditempelkan ke tubuh orang yang diterapi. 

Letak cangkir bisa dipindah-pindahkan pada titik-titik meridian. Terapi ini dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh.


HIRUDO THERAPY (Terapi Lintah)

Leech therapy

Facial menggunakan lintah medis ini telah dilakukan terapis di banyak negara termasuk di Jakarta. Manfaatnya tidak sekadar membuat rileks, tapi juga menjadi alternatif pengobatan penyakit.
 
Kelenjar ludah lintah ini disebut memiliki zat-zat bioaktif yang kaya  manfaat, seperti mampu mengencerkan pembekuan darah, meningkatkan sirkulasi darah, memiliki efek anti-inflamatori, imunostimulan, imunomodulasi, antibakteri, dan antikoagulasi. Namun penelitian lebih lanjut mengenai efek kelenjar ludah perlu dilakukan


HOT STONE MASSAGE

Hot stone massage

Teknik pemijatan menggunakan batu panas (hot stone) merupakan terapi kuno untuk mengatasi nyeri otot yang telah dilakukan penduduk asli Amerika, Cina, Chili, Hawaii, dan Jepang.  Manfaat batu panas ini memberikan unsur terapi yang membuat tubuh menjadi lebih rileks. 

Terapi batu panas secara modern dikenalkan Mary Nelson dari LaStone Therapy. Kini teknik tersebut mudah dijumpai di tempat-tempat relaksasi di Jakarta maupun kota besar lainnya di Indonesia.

Dalam teknik pemijatan, terapis menggunakan batu halus yang telah dipanaskan. Batu-batu ini digunakan baik sebagai perpanjangan tangan terapis, maupun hanya ditempatkan pada tubuh.


REPTILE THERAPY

Reptile therapy

Terapi pijat menggunakan ular dikembangkan pemilik Barak Snake Spa di Israel, Ara Barak. Mungkin bagi banyak orang, ular menjijikkan dan bikin merinding. Akan tetapi beberapa orang mengaku rileks dan merasa lebih baik setelah memegang ular.

Menurut Barak, ular-ular peliharaannya mampu memberikan sensasi pijat dan menggosok kulit begitu diletakkan di tubuh pelanggannya. 

Ular-ular kecil ditempatkan di bagian wajah untuk memijat ringan. Sedangkan ular besar ditempatkan di tubuh untuk pijatan lebih dalam.


FACIAL SIPUT

Snail therapy

Ini merupakan teknik perawatan kulit yang dilakukan beberapa salon di Amerika Selatan, Korea Selatan, dan Rusia. Terapis akan menempatkan sejumlah siput di leher dan wajah pelanggan, dan membiarkan siput tersebut merayap.

Teknik perawatan kulit yang telah digunakan sejak zaman Yunani Kuno ini diyakini memiliki banyak manfaat. Sekresi siput bisa melindungi kulit dari luka, bakteri, mengantisipasi dampak sinar ultraviolet, mencegah keriput, serta membantu proses regenerasi kulit. 

Cara perawatan kulit ini pun diadopsi produsen pembuat krim siput di Amerika Selatan. Krim tersebut merupakan campuran susu asam dan siput, dapat digunakan untuk pengobatan jerawat dan menghilangkan bekas luka.




Like This..?? Share This Article.......

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Copyright © 2011. Forzant Blog . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from Maskolis