Popular Post

Home » » CTM,,,Bisakah Jadi Obat Pembantu Tudur

CTM,,,Bisakah Jadi Obat Pembantu Tudur

Written By Bodhonk on Rabu, 27 Maret 2013 | 16.08


CTM bukanlah nama kandungan obat, tapi hanyalah salah satu merk dagang dari klorfeniramin, yaitu obat golongan antihistamin.

Seperti halnya antihistamin lain, cara kerja CTM adalah menghambat kerja histamin.Histamin merupakan zat yang diproduksi tubuh yang dapat mencetuskan gejala alergi seperti bersin, mata berair, hidung mampet, dan gatal-gatal di badan. Oleh karena itu manfaat utama dari klorfeniramin adalah mengurangi atau menghilangkan gejala-gejala alergi yang ditimbulkan oleh histamin.
Dibalik manfaatnya sebagai antialergi, klorfeniramin dapat menyebabkan berbagai macam efek samping, antara lain mengantuk, mulut kering, pusing, gangguan mengingat, kencing tertahan, dan pandangan kabur.
Khusus untuk mengantuk, pada sebagian besar orang, efek samping ini sedemikian kuatnya, sehingga klorfeniramin atau CTM sering digunakan sebagai obat tidur. Lalu timbul pertanyaan, apakah ini diperbolehkan dari sudut pandang medis?
Pada kasus tertentu, misalnya pada keadaan stres, dalam perjalanan, atau adanya hal-hal kecil yang mengganggu tidur, maka CTM dapat digunakan sebagai obat tidur. Tetapi ini dibatasi untuk dua atau tiga hari saja. Mengapa demikian? Karena efek ngantuk CTM cepat ditoleransi oleh tubuh. Artinya, semakin lama kita gunakan CTM, semakin kurang kemanjurannya untuk menimbulkan kantuk. Sebaliknya, semakin besar kemungkinan terjadinya efek samping.
Oleh karena itu, pada gangguan tidur berkepanjangan atau kronis, sebaiknya jangan mengatasinya dengan mengkonsumsi CTM. Tetapi lebih baik melakukan langkah-langkah yang terbukti barmanfaat misalnya dengan mengatur jadwal tidur, menghindari kopi dan tidur di siang hari, melakukan olahraga secara teratur, dan mengelola stres.
Tetapi, jika langkah diatas tidak mampu mengatasi gangguan tidur, maka sebaiknya berkonsultasi ke praktisi kesehatan.


Like This..?? Share This Article.......

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Copyright © 2011. Forzant Blog . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from Maskolis