Popular Post

Home » » Cara Sederhana Membuat Keju

Cara Sederhana Membuat Keju

Written By Bodhonk on Kamis, 28 Februari 2013 | 09.34


Keju salah satu makanan yang juga banyak disukai orang, seperti coklat. Sekarang ini di Indonesia sendiri banyak jenis keju yang dijual di pasaran. Anda mungkin salah satu penggemar keju. 
Tapi tahukah Anda bagaimana cara membuat keju, hingga siap dimakan? Sebenarnya ada beberapa langkah sederhana untuk membuat keju, seperti berikut ini: 


1. Langkah awal, dilakukan proses pengentalan susu segar dengan menambahkan starter dan rennet, yang berisi enzim, yang secara khusus menyebabkan koagulasi (pembekuan) protein susu tertentu untuk membentuk gel. Susu mengental sehingga memisahkan antara dadih/benjolan-benjolan susu putih (cheese curd) dengan sisa airan putih (whey). Whey biasanya digunakan untuk proses susu lainnya dan dikeringkan (whey powder). 


2. Pembuatan keju dasarnya adalah: 
a. Konsentrasi proses pengurangan dari air 86% menjadi 30-50%. 
b. Terdiri dari beberapa operasi saling terkait: fisik, biokimia dan mikrobiologi
c. Proses pengawetan: dehidrasi, asam, garam dan pendinginan. 
d. Fase pematangan untuk menghasilkan perubahan


Proses ini menghasilkan keju yang dikenal sebagai Natural Cheese. Aroma dari keju inui akan terus bertambah kuat dan teksturnya akan semakin keras seiring dengan berjalannya waktu, sehingga dikenal dengan young cheese (berumur diatas 3 bulan), middle cheese (6-9 bulan), dan old cheese (di atas 9 bulan) . 


Natural Cheese dapat diolah menjadi keju blok atau cream cheese dan liquid cheese. Proses pembuatan cream cheese agak mirip dengan pembuatan yoghurt, hanya saja bakterinya tidak seasam yoghurt dan ada penampabahn pati. 


Jika diproses lebih lanjut maka cream cheese juga bisa diolah menjadi mascarpone yang biasa digunakan untuk produk tiramisu. Siap membuat keju sendiri?


Like This..?? Share This Article..........

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Copyright © 2011. Forzant Blog . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from Maskolis