Popular Post

Home » » Sepeda Motor Bisa Terbang

Sepeda Motor Bisa Terbang

Written By Bodhonk on Rabu, 29 Agustus 2012 | 13.56


Wow ! Sepeda Motor Bisa Terbang
Jakarta, Perusahaan teknologi Aerofex akhirnya berhasil mendemonstrasikan sepeda motor terbang. Sebelumnya, sejak1960-an, sejumlah tim gagal membuat sepeda motor melaju di udara.
Mark De Roche, pendiri Aerofex mengatakan, sepeda motor terbangnya bisa melayang setinggi 4,5 meter dan melaju 48 kpj pada uji coba di Gurun Mojave, California. Dengan begitu, ia bersama timnya - berkantor di Manhattan Beach, California - otomatis membuat rekor baru. Sebelumnya, Chris Malloy asal Australia berusaha membuat sepeda motor terbang yang diberi nama Hoverbike, namun hanya bisa melayang pada kondisi bodi terikat tali dan belum bisa melaju dengan mulus.

Agar bisa terbang, sepeda motor Aerofex ini menggunakan dua baling-baling yang berada di dalam silinder dan disebut ducted-fan satu di depan dan satu lagi di belakang, mirip dengan posisi roda sepeda motor. Tidak disebutkan, penggerak baling-baling, apakah menggunakan motor listrik atau motor bakar.
 
Untuk menyangga saat berhenti atau mendarat, dibuat kaki-kaki dari pipa baja, bentuknya mirip dengan yang digunakan pada sepeda motor ski. Sementara posisi pengendara, sama dengan penunggang sepeda motor sport, sedikit menungging, plus setang kemudi model dua tuas vertikal mirip Speeder Bike di film Star Wars.

Rahasia garapan Mark ada pada sistem kontrol mekanis. Pengontrolan dilakukan terhadap tiga gerakan yaitu ajrutan-ajrutan (pitch), oleng (roll) dan geleng (yaw). Di samping itu mengaktifkan pengendali aerodinamika untuk melawan ketiga gerakan tadi  agar sepeda motor terbang ini bisa menjaga keseimbangan bersama pengendaranya.
Pilot membuat keseimbangan alami, seperti mengendarai sepeda atau sepeda motor.

Kendaraan satu orang ini tidak dijual ke publik. Aerofex coba menawarkannya ke  militer karena dinilai dapat digunakan untuk membawa logistik di medan yang tidak rata tanpa harus pusing memikirkan roda akan nyangkut  di pohon dan lubang. Ukurannya  juga  tidak sebesar helikopter dan lebih mudah melayang di antara pohon-pohon dan ngarai. Bisa juga terbang di bawah jembatan.
Uji terbang untuk prototipe berikutnya dilakukan perbaikan dilakukan pada  Oktober mendatang. Di samping itu, juga disiapkan versi tak berawak dengan uji terbang akan dilakukan

Like This..?? Share This Article...........

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Copyright © 2011. Forzant Blog . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from Maskolis