Popular Post

Home » » Lima Fakta Planet Mars!

Lima Fakta Planet Mars!

Written By Bodhonk on Rabu, 29 Agustus 2012 | 13.38


Nih, Lima Fakta Planet Mars!
Washington - Kendaraan penjelajah planet buatan NASA, Curiosity baru saja mendarat di Mars pada Minggu malam. Planet tetangga Bumi ini menjadi objek utama penjelajahan luar angkasa selama berpuluh tahun.

Berbagai alasan penjelajahan luar angkasa ke planet Mars adalah karena iklimnya pada 3,5 miliar tahun lalu, diyakini hangat dan basah layaknya bumi di masa awal.

Namun ada fakta lain mengenai planet ini. Berikut adalah lima fakta lain Mars seperti dilansir Associated Press, Selasa (7/8/2012).

1. Warna
Nama lain Mars adalah Planet Merah. Alasan penjulukan menggunakan nama tersebut adalah pemandangan di planet ini. Mars tampak berwarna merah-karat karena debunya yang kaya dengan besi.

2. Bobot Menjadi Ringan
Gravitasi di Mars hanya sekira 38 persen dibandingkan gravitasi di Bumi. Ini bisa membuat bobot tubuh orang yang berada di sana jadi lebih ringan ketimbang di Bumi. Misalnya, Anda memiliki bobot 150 kilogram di Bumi, di Mars sana, bobot akan berkurang menjadi 57 kilogram.

3. Panas dan Dingin
Suhu di Mars bisa bervariasi mulai panas sampai sangat dingin. Di garis khatulistiwanya, suhu Mars bisa mencapai 80 derajat sedangkan di kutub suhunya bisa mencapai minus 199 derajat.

4. Udara Berbeda
Atmosfer di Mars berbeda dengan Bumi. Atmosfer Planet Merah tersebut sebagian besar terdiri dari Karbondioksida dengan sedikit nitrogen dan argon. Sementara itu, atmosfer Bumi merupakan campuran dari nitrogen, oksigen.

5. Hari Lebih Panjang
Satu hari di Mars berbeda dengan di  Bumi. Satu hari di planet merah tersebut lebih lama sekitar 40 menit ketimbang satu hari di Bumi.

Like This..?? Share This Article...........

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Copyright © 2011. Forzant Blog . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from Maskolis