Popular Post

Home » » Asal Mula Nama Lombok

Asal Mula Nama Lombok

Written By Bodhonk on Senin, 27 Agustus 2012 | 15.04


Lombok adalah nama yang berarti cabe dalam bahasa Jawa dan juga merupakan salah satu pulau yang ada di Kepulauan Nusa Tenggara Barat. Di kepulauan Lombok ini terdapat suku bangsa yang bernama Sasak. Dari bahasa dearah suku sasak di daerah sana Lombok di baca “ Lombo “ artinya lurus dan suku bangsa sasak berarti perahu bercadik. Ikutilah cerita berikut ini tentang Asal Usul Pulau Lombok dan suku Sasak di daerah sana.

pulau lombok di peta
*** Asal Mula Nama Lombok ***

Dahulu kala, Kerajaan Mataram di Jawa Tengah dipimpin oleh seorang raja wanita yang ahli dalam pemerintahan dan bernama Pramudawardhani. Suaminya Rakai Pikatan dia ahli dalam ahli peperangan. Wilayah kekuasaannya terbentang luas di daratan Jawa dan sekitarnya. Ketika itulah banyak rakyat Mataram pergi berlayar ke arah timur melalui Laut Jawa menggunakan perahu bercadik.
Konon mereka berlayar ke arah timur untuk menghindari pekerjaan berat yang sedang berlangsung. Karena pada zaman itu Candi – candi seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Candi Kalasan sedang dibangun. Demikianlah mereka berlayar terus ke arah timur hingga menemukan sebuah daratan dan mereka berlabuh di daratan tersebut, daratan tempat mereka berlabuh tersebut diberi nama Lomboq (lurus), untuk mengenang perjalanan panjang.
Setelah beberapa waktu berlanjut, Lomboq menjadi nama dearah di sana dan lama kelamaan daerah sana berubah namanya menjadi Lombok.  Dan Karena orang yang pertama kali menemukan pulau tersebut dengan berlayar ke timur menggunakan perahu cadik, maka suku dearah sana di beri nama Orang Sasak yang berarti bercadik. Karena telah lama tinggal disana, mereka mulai terbiasa dengan penduduk asli yang tinggal disana. Waktu berlalu cukup lama dan kemudian mereka mendirikan kerajaan Lombok termpat kerajaan itu sekarang disebut labuhan Lombok. Kerajaan Lombok menjadi besar banyak pedangan yang berdatangan disana para pedagang dari Tuban, Gresik, Makasar, Banjarmasin, Ternate, Tidore, bahkan Malaka. Hingga akhirnya Kerajaan Lombok diserang oleh kerajaan Majapahit dan akhirnya kalah. Tetapi Raja dan permaisurinya dapat melarikan diri dan mendirikan kerajaan baru Yang diberi nama Watuparang di sebuah Gunung.
Pariwisata di pulau Lombok
Kalau kita lihat dari aspek sejarah, orang Sasak bisa jadi berasal Jawa, Bali, Makassar dan Sumbawa. Tapi bisa juga ke empat etnis tersebut bukan Papuk Bloq orang sasak, melainkan hanya memberi pengaruh besar pada perkembangan Suku Sasak.

Pulau Lombok yang memiliki luas 473.780 hektare ini tak hanya menyimpan kekayaan wisata alam semata. Bicara Pulau Lombok maka pikiran menerawang ke hamparan pantai Senggigi yang eksotis, indah, dan menawan. Pantai berpasir putih dengan deburan ombak kecilnya ini sayang untuk dilewatkan. Tak heran bila banyak wisatawan mancanegara maupun wisatawan Nusantara menyinggahinya.
Akhirnya dengan berlalunya waktu nama lomboq berubah menjadi lombok dan suku sak – sak di sana berubah namanya menjadi Sasak. di Mataram, ibu kota provinsi Nusa Tenggara Barat, Nama Selaparang yang juga berasal dari nama suku dan pulau ini diabadikan menjadi nama lapangan terbang dan nama jalan protokol.

Like This..?? Share This Article........... 

0 komentar:

Poskan Komentar

Followers

 
Copyright © 2011. Forzant Blog . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from Maskolis