Popular Post

Home » » Bos Samsung Lee Kun-Hee Terkaya di Korea Selatan

Bos Samsung Lee Kun-Hee Terkaya di Korea Selatan

Written By Bodhonk on Kamis, 26 April 2012 | 14.58


Guardian
Bos Samsung Lee Kun-Hee, Terkaya di Korea Selatan 2012 versi Majalah Forbes


SEOUL, KOMPAS.com - Chairman Samsung Electronics Lee Kun-Hee dinobatkan menjadi orang terkaya di Korea Selatan versi majalah Forbes.

Lee Kun-Hee berusia 70 tahun, sukses mentransformasikan perusahaannya menjadi pembuat chip paling top di dunia dan pembuat ponsel kedua terbesar di dunia. 

"Lee Kun-Hee memiliki kekayaan bersih sekitar 10,8 miliar dollar AS, atau lebih tinggi 1,5 miliar dollar AS dari tahun 2011," demikian pengumuman majalah Forbes, Kamis (26/4/2012).

Lee sebenarnya terlibat dalam sengketa hukum dengan saudara tuanya dan juga dengan adiknya terkait warisan ayahnya yang mendirikan grup ini. 

Lee Maeng-Hee, 80, menuduh bos Samsung mengambil alih sebagian saham grup Samsung yang didirikan ayah mereka dan kelompok pendiri Lee Byung-Chull, dengan nama orang lain.

Lee Maeng-Hee menuntut adiknya mengembalikan sejumlah saham di beberapa unit usaha Samsung dengan uang tunai yang bernilai total 710 miliar won atau setara 623 miliar dollar. 

Sementara itu, Chung Mong-Koo, Chairman pembuat otomotif Hyundai Motor, berada di urutan kedua terkaya di Korea Selatan, dengan kekayaan bersih 6,6 miliar dollar, disusul Kim Jung-Joo (44), pendiri perusahaan game online Nexon. 

Kekayaan Kim sekitar 4,3 miliar dollar, sukses menjadi pengusaha dengan usaha sendiri, tanpa konseksi bisnis dengan anggota keluarganya. 

Jay Y. Lee, Kepala Operasi Samsung Electronic, putra tertua bos Samsung Kee Kun-Hee, berada di urutan keempat terkaya di Korsel, dengan nilai kekayaan 3,8 miliar dollar. 

Lee Myung-Hee, adik perempuan Lee Kun-Hee, bos grup retail Shinsegae Group berada di urutan ke-11 dengan nilai kekayaan 1,68 miliar dollar. Ini membuatnya menjadi perempuan terkaya di Korsel.

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Copyright © 2011. Forzant Blog . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from Maskolis