Popular Post

Home » » Serangga Penghuni Tanah Terdalam Ditemukan

Serangga Penghuni Tanah Terdalam Ditemukan

Written By Bodhonk on Senin, 27 Februari 2012 | 07.17


detail berita
Plutomurus orotobalaganensis (foto: new scientist)
SUKHUMI - Hewan yang hidup di tempat sekira hampir 2 kilometer di bawah permukaan tanah ditemukan di gua  Krubera -Voronja. Hewan itu merupakan keluarga arthropoda yang hidup dari memakan jamur dan bahan-bahan lain yang membusuk.


Bernama latin Plutomurus orotobalaganensis, peneliti menemukannya di kedalaman 1980 meter  di bawah permukaan tanah. Selain itu, mereka juga  menemukan tiga spesies baru yang berkeliaran di dalam gua, yaitu Anurida stereoodorata, Deuteraphorura kruberaensis dan Schaefferia profundissima.



Keempat spesies tersebut telah diklasifikasikan sebagai springtails (Collembola), yaitu sejenis serangga primitif yang tidak memiliki sayap. Keempatnya hidup di lingkungan yang gelap total dan tidak mempunyai mata.



Hewan-hewan itu ditemukan oleh Ana Sofia Reboleira dari Universitas Aveiro, Portugal, dan Alberto Sendra dari Museum Sejarah Alam Valencia, Spanyol. Mereka menjelajahi gua Krubera-Voronja sebagai bagian dari ekspedisi 2010 yang dipimpin oleh tim CaveX Ibero-Rusia.



Penemuan spesies hidup jauh di bawah tanah dalam kegelapan total memberikan wawasan baru ke dalam kondisi ekstrim di mana hewan dapat bertahan hidup. Demikian diwartakan New Scientist, Kamis (23/2/2012).



Sebelum penemuan ini, springtails hanya ditemukan setengah kilometer di bawah tanah. Pada 1986 silam, ditemukan Ongulonychiurus colpus yang tinggal 550 meter di bagian bawah sebuah gua di Spanyol, dan tahun lalu, Veles Tritomurus ditemukan di kedalaman 430 meter di gua-gua di Kroasia.

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Copyright © 2011. Forzant Blog . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from Maskolis