Popular Post

Home » » 5 Penyebab Kekalahan Jerman Di Perang Dunia II

5 Penyebab Kekalahan Jerman Di Perang Dunia II

Written By Bodhonk on Sabtu, 18 Februari 2012 | 20.57



Jerman itu... waktu memulai perang th 1939 superior banget. Cuma dalam waktu setahun (hingga 1940), bberapa negara langsung takluk pada mereka, mulai dari Polandia, Denmark, Norwegia, Belgia, Belanda dan puncaknya Perancis.


Tapi setelah itu, ekspansi mereka berjalan lamban, sebelum akhirnya berbalik memukul ke arah Jerman sendiri hingga akhirnya menyerah pada April 1945.

Menurut pendapat saya, ada beberapa hal penyebab kekalahan Jerman tersebut:

1. Keputusan menyerang Rusia (Operasi Barbarosa), karena hal itu berarti membuka fron tempur di dua tempat, Barat dan Timur. Terbukti mereka hancur total di Rusia.

2. Membiarkan lolos 340,000 tentara Inggris dan Perancis di pantai Dunkirk yang berarti membiarkan mereka bersiap diri untuk kembali menyerang Jerman di kemudian hari. Terbukti sebagian besar dari mereka bergabung kembali dalam invasi Normandia pada 6 Juni 1944.

3. Biaya produksi peralatan perang yang terlalu tinggi, sebab biaya untuk membuat 1 tank Tiger setara dengan produksi 3 buah Tank T-34 Uni Soviet. Peralatan tempur Jerman itu memang berkualitas baik dan banyak ditiru pasukan Sekutu, namun biaya untuk memproduksinya terlalu mahal.

4. Kebiasaan Hitler menginvasi keputusan militer, karena Hitler ini memang orang yang sangat keras kepala sehingga sering berbenturan dengan jendral-jendralnya. Apabila keputusannya ditentang, dengan segera ia mengganti jendral-jendral tersebut. Contoh paling jelas adalah, keputusan menaklukkan Stalingrad, yang akhirnya menjadi kuburan bagi 600,000 tentara Jerman terbaik. Jendral-jendral Jerman sebenarnya lebih memilih untuk menaklukkan Moskow dan Leningrad, tapi Hitler memaksa mereka bergerak ke Stalingrad.

5. Ideologi Nazi yang kaku dan sangat rasial juga membuat mereka mempunyai musuh tidak hanya pasukan (militer) negara lain, melainkan juga para penduduk sipil di negara-negara yang mereka taklukkan. Sehingga para penduduk ini sering melakukan sabotase kecil dan serang sporadis yang cukup merepotkan Jerman. Contoh paling jelas adalah terbunuhnya tangan kanan Heinrich Himmler, Reynhard Heidrich di Cekoslowakia, yang ditembak oleh pejuang-pejuang Ceko ketika ia sedang naik mobil terbuka
.

0 komentar:

Poskan Komentar

Followers

 
Copyright © 2011. Forzant Blog . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from Maskolis