Popular Post

Home » » Teh Menghilangkan Flek?

Teh Menghilangkan Flek?

Written By Bodhonk on Sabtu, 30 April 2011 | 10.55


T: Benarkah bila kita cuci muka pakai air teh yang sudah dibiarkan semalaman bisa membuat wajah bersih dari flek? (Pandan, Jakarta)

J: Teh sebagian besar mengandung ikatan biokimia yang disebut polifenol, termasuk di dalamnya flavonoid. Flavonoid merupakan suatu kelompok antioksidan yang secara alamiah ada pada sayur-sayuran, buah-buahan, dan minuman seperti teh dan anggur. Pada teh hijau, flavonoid berupa catechins merupakan komponen utama, sedangkan pada teh hitam dan teh oolong, catechins diubah menjadi theaflavin dan thearubigins

Teh hijau telah terbukti memiliki daya antioksidan,efek fotoproteksi, dan efek anti-pigmentasi. Selain catechins, teh hijau juga mengandung vitamin C dan E meskipun dalam jumlah sedikit. Vitamin C dan E ini juga memiliki daya antioksidan, efek fotoproteksi, dan efek anti pigmentasi.

Proses pembuatan teh dengan air panas dan dibiarkan semalam akan menghilangkan sebagian besar kandungan cathecins,  vitamin C, dan E. Kadar bahan aktif dalam teh yang dibiarkan semalam akan menurun jauh di bawah kadar terapinya. Akibatnya adalah efek terapi dari teh hijau tidak maksimal. 

Apakah flek akan hilang? Kedalaman pigmentasi (flek) wajah juga ikut menentukan apakah pemakaian bahan anti-pigmentasi akan berhasil atau tidak. Pigmentasi ringan yang terletak di permukaan kulit akan lebih mudah hilang dibandingkan pigmentasi berat yang terletak di lapisan kulit yang lebih dalam. Untuk menentukan letak pigmentasi dapat dilakukan pemeriksaan di klinik kulit.

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Copyright © 2011. Forzant Blog . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from Maskolis