Popular Post

Home » » Waspada nyeri haid pada wanita

Waspada nyeri haid pada wanita

Written By Bodhonk on Kamis, 31 Maret 2011 | 22.58



Nyeri haid pada wanita bisa disebabkan oleh adanya kista pada rahim. Kista merupakan kantung yang berisi cairan yang bisa terdapat pada seluruh tubuh manusia. Di dalam ovarium bisa terdapat berbagai macam kista.

Salah satu jenis kista yang terdapat pada rahim wanita adalah kista fungsional yang muncul dalam siklus haid normal wanita. Apabila folikel atau kantung kecil yang terdapat pada rahim yng berisi cairan dan sel telur tidak pecah saat menstruasi maka akan berkembang menjadi ganas.

Cara untuk mendeteksi pecahnya kista saat haid, salah satunya adalah dengan deteksi panggul. Dokter akan memeriksa adanya pembesaran induk telur. Jika terjadi keganjilan maka akan dilakukan tes ultrasonografi (USG) dengan menggunakan gelombang suara agar besar, isi dan letaknya dapat diketahui sehingga dapat dilakukan penanggulangan selanjutnya sehingga dapat dicegah komplikas yang mungkin muncul etelah terjadi keganasan.

Untuk mengetahui apakah kista tersebut kanker atau bukan maka dilakukan pemeriksaan tes darah yang disebut dengan CA-125

Tanda-tanda sederhana yang dapat digunakan untuk mendeteksi kista ganas antara lain:
1. Haid terlambat dan ssat timbul terjadi nyeri yang luar biasa
2. Nyeri atau perasaan penuh tekanan pada perut
3. Tumbuh rambut di daerah wajah atau bagian lain pada tubuh
4. Gangguan buang air kecil dan sulit buang air besar
5. Serangan nyeri yang mendadak pada bawah perut terutama saat haid.
Selama wanita masih memproduksi sel telur maka kemungkinan adanya produksi kista akan tetap ada. Untuk menghindari adanya kista ganas pada rahim lakukan pola hidup sehat, pola makan yang baik, asupan gizi optimal, olah raga yang cukup dan menghindari stress.

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Copyright © 2011. Forzant Blog . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from Maskolis