Popular Post

Home » » Bangunan Selamat Dari Bencana

Bangunan Selamat Dari Bencana

Written By Bodhonk on Senin, 08 Desember 2014 | 14.05

Bangunan Selamat Dari Bencana, Mulai Masjid Sampai Patung Yesus
Bangunan adalah sebuah benda yang dibuat oleh manusia. Untuk itu kalau seandainya sebuah bangunan hancur karena campur tangan alam, maka adalah hal yang normal lantaran kalah oleh Sang Pemilik Hidup.
Namun ada kalanya beberapa bangunan di dunia ini mampu bertahan dari sebuah bencana. Padahal bencana yang muncul itu memporak-porandakan lingkungan di sekitar bangunan. Tetapi faktanya ada beberapa bangunan yang bisa bertahan kokoh berdiri.
Kira-kira apa penyebab bangunan itu mampu bertahan ya? Dilansir Oddee, intip ini bangunan-bangunan yang bisa bertahan dari sebuah bencana. 

1. Gerbang Brandenburg

Gerbang Brandenburg
Gerbang Brandenburg di Berlin adalah salah satu bangunan penting yang akan mengingatkanmu akan Jerman. Bangunan ini terkenal saat Perang Dingin sebagai simbolisme kepedihan antara Berlin dan Jerman yang di mana bangunan ini ada di antara sisi timur dan barat dari Tembok Berlin.
Terletak di Pariser Platz, bangunan ini jadi satu-satunya yang bertahan saat sekutu membombardir Jerman pada tahun 1945 silam. Kendati rusak parah dengan lubang di beberapa bagian, tetapi Brandenburg tetap mampu kokoh berdiri. Usai Jerman memilih damai, Brandenburg direnovasi pada tahun 2000. 

2. Sanno Shrine2. Sanno Shrine

Sanno Shrine
Sannō Shrine berlokasi 800 meter sebelah tenggara dari lokasi pusat bom atom di Nagasaki pada 9 Agustus 1945 di Jepang itu. Namun Sannō Shrine adalah satu-satunya bangunan yang mampu berdiri kendati posisinya berputar sekitar 30 derajat. Ketika bangunan di sekitarnya rata dengan tanah, Sannō Shrine tetap tegak.
Ketika melihat lokasi bom atom itu, apa yang ada hanyalah sebuah kehancuran total yang terbakar dan mengerikan. Namun Sannō Shrine mampu bertahan sehingga kini monumen ini dianggap monumen perdamaian beserta beberapa pohon yang mampu bertahan

3. A-Bomb Dome

A-Bomb Dome
Bangunan A-Bomb Dome di Hiroshima adalah sebuah simbol perdamaian yang mungkin pernah kamu lihat entah sekali saja. Bangunan ini dibuat oleh seorang arsitek Ceko pada tahun 1915 dan sejatinya digunakan sebagai Gedung Promosi Industri Prefektur Hiroshima. Namun A-Bomb Dome hanya berlokasi 160 meter dari lokasi pusat bom atom Hiroshima yang membuatnya terpapar efek ledakan itu.
Ketika seluruh orang yang ada di dalam bangunan itu tewas, A-Bomb Dome justru satu-satunya struktur yang mampu bertahan. Kini A-Bomb Dome menjadi bangunan kontroversi karena beberapa orang ingin bangunan itu runtuh demi menghapus kenangan pedih bom atom dan sebaliknya ingin bertahan demi mengingat kejadian mengerikan itu.Bangunan A-Bomb Dome di Hiroshima adalah sebuah simbol perdamaian yang mungkin pernah kamu lihat entah sekali saja. Bangunan ini dibuat oleh seorang arsitek Ceko pada tahun 1915 dan sejatinya digunakan sebagai Gedung Promosi Industri Prefektur Hiroshima. Namun A-Bomb Dome hanya berlokasi 160 meter dari lokasi pusat bom atom Hiroshima yang membuatnya terpapar efek ledakan itu.

Ketika seluruh orang yang ada di dalam bangunan itu tewas, A-Bomb Dome justru satu-satunya struktur yang mampu bertahan. Kini A-Bomb Dome menjadi bangunan kontroversi karena beberapa orang ingin bangunan itu runtuh demi menghapus kenangan pedih bom atom dan sebaliknya ingin bertahan demi mengingat kejadian mengerikan itu.

4. Patung Yesus - Filipina


Patung Yesus - Filipina

Saat Topan Haiyan menghantam Filipina, kerusakan bangunan tak terhitung memang melanda negara tersebut. Selain menghancurkan rumah penduduk, banyak korban jiwa yang melayang karena bencana itu. Namun sebuah bangunan yakni patung Yesus mampu bertahan dari bencana alam mengerikan tersebut.
Ketika topan Haiyan seolah menghancurkan area di lingkungan itu, hanya patung Yesus yang tegak berdiri di kawasan kota pesisir Tanauan itu. Dengan korban jiwa mencapai 5.000 orang, tak heran patung itu jadi simbol harapan untuk bertahan hidup

5. Menara Air Chicago


Menara Air Chicago

Dibangun pada tahun 1869 dengan menggunakan blok batu kapur yang besar, Menara Air Chicago dibangun menyerupai sebuah kastil abad pertengahan. Dirancang oleh arsitek bernama William W Boyington, bangunan ini punya tinggi 40 meter dan memiliki fungsi menyamakan tekanan air di pompa dari stasiun pompa yang berdekatan.
Yang hebat dari bangunan ini adalah dia mampu bertahan dari kebakaran besar Chicago tahun 1871 silam. Di mana kebakaran itu menghanguskan dan menghancurkan seluruh kota menjadi rata dengan tanah. Tak heran kalau semenjak itu bangunan ini begitu dicintai banyak orang dan jadi ikon kota Chicago. 

6. Masjid Rahmatullah


Masjid Rahmatullah

26 Desember 2004, sebuah gempa dahsyat dengan kekuatan 9,1 skala richter menghantam samudera Hindia di lepas pantai Sumatera Utara, Indonesia. Gempa itu memunculkan tsunami mengerikan yang menghantam pantai di kawasan samudera Hindia dan menyebabkan 230 ribu korban jiwa melayang dan jutaan lainnya kehilangan keluarga dan tempat tinggal.

Salah satu kota yang terkena dampak paling besar adalah kota Lhoknga di pantai barat Sumatera dekat ibukota Aceh. Melihat kondisi Lhoknga usai tsunami terjadi adalah sebuah kota yang hancur dan rata dengan tanah. Namun ada sebuah bangunan mungil yang selamat yakni masjid Rahmatullah. Hebat kan? Kapanlagi.com

 Like This..?? Share This Article.......

Followers

 
Copyright © 2011. Forzant Blog . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from Maskolis