Popular Post

Home » » 5 Efek Samping Penggunaan Alat Kontrasepsi

5 Efek Samping Penggunaan Alat Kontrasepsi

Written By Bodhonk on Kamis, 04 Juli 2013 | 15.38



Ghiboo - Alat kontrasepsi dipercaya mampu mengendalikan tingkat kehamilan yang tinggi. Sayangnya, alat kontrasepsi justru menimbulkan permasalah bagi pengguna, yaitu sebagian besar wanita, seperti gejala mual, pusing, dan sebagainya. 


Untuk lebih tahu lebih dalam, berikut lima gejala yang sering dialami wanita dari efek samping penggunaan alat kontrasepsi, dilansir melalui Health, Rabu (4/4).
Sakit kepala, pusing dan nyeri di payudara
"Efek samping ini kerap dirasakan setelah beberapa kali Anda mengonsumsi pil KB dan biasanya akan hilang sendiri," ungkap dokter kandungan Hilda Hutcherson. Jika pusing, sakit kepala dan nyeri payudara masih terasa, maka segera hentikan pengonsumsiannya dan beralih ke merek pil KB lain.

Mual
Rasa mual mungkin akan hilang dalam beberapa bulan. Untuk mengatasi rasa mual, cobalah untuk mengonsumsi makanan tertentu sesaat setelah minum pil KB. Jika Anda menggunakan kontrasepsi lain, seperti cincin vagina atau patch (berbentuk seperti koyo), maka coba alternatif kontrasepsi lain.

Pendarahan
"Menurut saya, efek samping ini yang paling membuat wanita menjadi lebih stres dibandingkan efek samping lainnya," papar Dr Hutcherson. Munculnya pendarahan biasanya terjadi pada wanita yang memilih menggunakan alat kontrasepsi berupa alat KB suntik, pil atau spiral.

Penurunan gairah seks
Coba ganti alat kontrasepsi Anda jika mengalami efek samping ini. "Untuk beberapa wanita, Anda bisa mengganti pil KB dengan yang lebih androgenik (mirip seperti testosteron), biasanya libidonya akan kembali normal," jelas Dr. Huctherson. Jika masih belum berhasil, segera temui dokter untuk mengganti kontrasepsi yang tepat.

Mood berantakan
"Menurut pengalaman saya, biasanya wanita mengalami depresi karena mengonsumsi pil KB, namun mengganti jenis kontrasepsi yang baru tidak akan berpengaruh banyak," tambah Dr. Hutcherson. Menurutnya, semua kontrasepsi hormonal memiliki efek samping yang mirip. Jadi, mungkin Anda bisa mencoba kontrasepsi non-hormonal.

Like This..?? Share This Article.......


0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Copyright © 2011. Forzant Blog . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from Maskolis