Popular Post

Home » » Sering Sakit-Sakitan? Mungkin Hanya Somatisasi

Sering Sakit-Sakitan? Mungkin Hanya Somatisasi

Written By Bodhonk on Jumat, 03 Mei 2013 | 21.41

Sering-Sakit-Sakitan-Mungkin-Hanya-Somatisasi


Sudah keliling ke beberapa dokter namun tidak kunjung menemukan penyakit yang Anda alami? Hati-hati bisa jadi Anda mengalami somatisasi.
Somatisasi merupakan gangguan psikis yang mengakibatkan si penderita seolah-olah merasakan berbagai macam keluhan, mulai sakit kepala, dada, perut dan di bagian tubuh lainnya.
“Spesialis kejiwaan biasanya mendapat rujukan dari spesialis lainnya. Hampir seluruh pasien somatisasi melewati fase shopping doctor, yaitu berpindah dari satu dokter ke dokter lain namun tidak menemukan kelainan pada tubuh mereka,” ungkap dr Yunias Setiawati SpK, spesialis kejiwaan RSUD dr Soetomo, seperti dilansir metropolis.
Yunias menambahkan, dalam satu hari ia bisa dikunjungi 3-5 pasien somatisasi dengan berbagai rasa sakit yang berbeda. Ada beberapa pasien yang mengeluhkan rasa sakit menjalar ke dada, sakit kepala, hingga sulit tidur.
“Mereka bergonta-ganti dokter untuk mendapatkan pengakuan bahwa mereka benar-benar sakit secara fisik. Namun jawaban dokter yang tidak memuaskan kerap membuat pasien depresi,” tambah Yunias.
Penderita somatisasi kebanyakan diderita oleh wanita paruh baya. Penyebab yang paling dominan adalah emptiness syndrome, pasien merasa sendiri setelah ditinggal anak-anaknya yang sudah berkeluarga.
Kondisi ini dapat memicu stres dan berakhir dengan somatisasi.
DuniaFitnes.com



Like This..?? Share This Article.......

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Copyright © 2011. Forzant Blog . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from Maskolis