Popular Post

Home » » Terapi Musik untuk Bayi Prematur

Terapi Musik untuk Bayi Prematur

Written By Bodhonk on Rabu, 17 April 2013 | 12.58


Headline
Bayi lahir prematur memang membutuhkan perawatan medis lebih banyak ketimbang bayi yang lahir sesuai waktu kelahiran.

Tapi tak melulu harus tindakan medis, tindakan nonmedis ternyata juga bisa membantu bayi menjalani awal-awal kehidupannya. Salah satunya yaitu dengan mendengarkan musik padanya.

Penelitian yang dilakukan oleh para dokter di Amerika dengan melibatkan 11 rumah sakit menemukan, bahwa memperdengarkan musik kepada bayi prematur membantu mereka tidur lebih baik dan meningkatkan pernapasan mereka.

Penelitian melibaktkan para ibu dari 272 bayi yang lahir prematur yaitu dengan membaginya dua kelompok. Pertama kelompok bayi yang diperdengarkan musik dan kelompok kedua tidak menerapkan musik, mereka dipantau selama dua minggu.

Musik terapi yang dipilih yaitu 'gato box' yang merupakan drum dari kayu dan krincingan yang penuh manik-manik untuk membuat suara bising.

Musik disetel melambat sehingga mereka terdengar lebih lembut di telinga, mereka seperti musik penghantar tidur. Hasilnya, tingkat pernapasan menjadi melambat dan teratur.

Joanne Loewy, pemimpin studi mengatakan, bahwa semua instrumen memiliki efek yang menguntungkan. Selain itu, menyanyi adalah yang paling efektif dalam memperlambat denyut jantung bayi dan juga membuat bayi berkonsentrasi.

Seperti dilansir dari dailymail, dalam laporannya dia mengatakan, bahwa salah satu alasan musik mungkin efektif karena suara itulah yang seperti didengar bayi ketika mereka masih dalam rahim ibunya

www.inilah.com




Like This..?? Share This Article.......

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Copyright © 2011. Forzant Blog . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from Maskolis