Popular Post

Home » » Segudang Manfaat Teh Putih Bagi Kesehatan

Segudang Manfaat Teh Putih Bagi Kesehatan

Written By Bodhonk on Rabu, 17 April 2013 | 14.17

Headline


Teh ibarat alarm pengingat untuk Anda memulai hari. Dalam sehari, rasanya tak cukup kita meminumnya hanya satu cangkir.
Bagi Anda yang suka minum teh setiap hari, kini ada teh putih yang kaya antioksidan, dan sangat baik untuk kesehatan. Minum segelas teh putih, nilainya setara dengan 12 gelas jus jeruk segar.
Untuk memperkenalkan produk baru ini, PT Riset Perkebunan Nusantara (RPN), Senin (15/4) meluncurkan produk Excellent Gamboeng White Tea yang kaya akan antioksidan.
Bahan baku white tea adalah pucuk teh yang masih kuncup, atau biasa disebut peko. Peko ini diolah tanpa melalui proses oksidasi atau hanya sedikit terjadi oksidasi polifenol, sehingga white tea memiliki antioksidan tinggi.
"White tea juga memiliki rasa yang lembut, menyegarkan, dan beraroma wangi," kata Undang Fadjar, Kepala Biro Pengembangan PT Riset Perkebunan Nusantara, di Jakarta.
Menurut dia, teh putih juga sangat baik untuk kesehatan, sebagai pencegah terjadinya mutasi sel penyebab kanker.
Dia menuturkan di Indonesia banyak produsen teh putih. Diantaranya BUMN Perkebunan, seperti PTPN VIII, PTPN IX, PTPN XII, PT RNI, dan PT RPN.
PT RPN melalui melalui Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) Gamboeng, berhasil memproduksi klon seri gamboeng. Salah satunya memproduksi Excellent Gamboeng White Tea, yang baru saja diluncurkan.
"Secangkir Exellent Gamboeng White Tea mengandung antioksidan setara dengan 12 gelas jus jeruk segar," ungkap Undang.
Menurut dia, disebut white tea karena penampakan the ini putih keperakan mengkilat dari bulu-bulu yang menyelimutinya, dan bentuknya runcing seperti jarum.
Manfaat teh putih ini, lanjutnya, antara lain sangat baik menangkal radikal bebas, menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah, dipercaya dapat melindungi jantung, dan menurunkan kadar gula darah.
Selain itu juga dapat menurunkan berat badan, mencegah penuaan dan kerusakan pada kulit, membakar lemak dan mencegah munculnya sel-sel lemak baru.
Teh putih dibuat dari daun teh dewasa yang akan diambil sebelum kuncup telah sepenuhnya terbuka. Ada berbagai varietas teh putih yang tersedia dan ini semua tergantung pada jumlah daun tunas yang digunakan dalam campuran masing-masing.
Peony Putih misalnya memiliki satu bud untuk setiap 2 daun dalam campuran yang sementara Jarum Perak(creme de la creme) seluruhnya terbuat dari tunas ke bawah dan ini biasanya diambil dalam waktu 2 hari selama awal musim semi.
Nah, berikut ulasan secara detail manfaat lain dari sering mengkonsumsi teh putih bagi kesehatan.
Anti virus dan bakteri
Studi yang dilakukan di Universitas Pace telah menunjukkan bahwa ekstrak teh putih mungkin memiliki aplikasi profilaksis yang dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi aureus, infeksi Steptococcus, pneumonia, dan karies gigi.
Studi juga menemukan fakta bahwa teh putih lebih efektif daripada teh hijau untuk menonaktifkan virus bakteri serta memiliki efek anti-virus pada virus patogenik manusia.
Anti jamur efek
Ada studi yang telah dilakukan yang menunjukkan bahwa hal ini memiliki efek anti-jamur pada Penicillium chrysogenum dan Saccharomyces Cerervisiae. Ditemukan bahwa di dalam teh putih ekstrak sama sekali tidak aktif.
Kanker Kulit dan Perlindungan Kerusakan kulit
Para ilmuwan menemukan bahwa ekstrak teh putih dapat melindungi pemusnahan sel Langerhans. Teh putih juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini


INILAH.COM

Like This..?? Share This Article.......

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Copyright © 2011. Forzant Blog . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from Maskolis