Popular Post

Home » » Kenali Bahaya Penyakit Kuning, Intip Gejalanya..

Kenali Bahaya Penyakit Kuning, Intip Gejalanya..

Written By Bodhonk on Rabu, 17 April 2013 | 14.13

Headline


Anda tentu sering mendengar bayi baru lahir terkena penyakit kuning atau jaundice. Nyatanya, tak hanya menyerang bayi, penyakit ini juga bisa menyerang orang dewasa.

Penyakit kuning atau jaundice dikategorikan menjadi tiga jenis. Pertama, yaitu pre-hati jaundice atau pre-hepatic jaundice, yang terjadi karena meningkatnya penghancuran sel darah merah, kedua hepatic jaundice, yang terjadi karena kerusakan sel hati dan yang ketiga, post-hepatic jaundice, yang terjadi karena obstruksi pada aliran empedu.

Umumnya kita akan menduga penyakit kuning ketika kita melihat semburat kekuningan di bagian putih mata atau kuku serta urin yang berwarna kuning gelap.
Tapi apakah Anda sadar gejala ini terjadi ketika jumlah bilirubin atau komponen pada sel darah merah, sudah lebih besar dari ambang ginjal?

Kenyataannya penyakit kuning memiliki gejala yang sering kita abaikan. Karenanya mengetahui beberapa gejala penyakit kuning akan membantu mendeteksi penyakit lebih awal.

Mengutip boldsky, gejala-gejala yang muncul yang bisa menjadi pertanda seseorang terkena penyakit kuning yaitu:

Urin kuning

Meskipun ini merupakan gejala umum penyakit kuning, tapi kondisi ini juga bisa terjadi jika kita sedang terdehidrasi atau kurang cairan.
Karena penurunan asupan air akan berkonsentrasi urin.

Tapi ini patut diduga sebagai gejala penyakit kuning jika disertai dengan semburat coklat.

Kulit dan putih mata berwarna kuning

Mungkin ini agak susah terlihat jika orang tersebut berwarna gelap bahkan kadang-kadang ada yang menduga sebagai pucat karena kurang darah.

Nyeri perut

Yaitu nyeri di sisi kanan perut tepat di bawah tulang rusuk dan bisa meluas ke punggung bagian atas karena berkaitan dengan kerusakan sel hati atau batu empedu.

Nyeri sendi

Memang tidak bisa langsung dikaitkan dengan penyakit kuning karena nyeri sendi dapat terjadi karena berbagai alasan. Tapi jika Anda memiliki nyeri sendi bersama dengan gejala lain yang terkait dengan penyakit kuning, maka konsultasikan ke dokter Anda.

Kehilangan nafsu makan

Kehilangan nafsu makan juga merupakan gejala terkait penyakit kuning, yang biasanya tak disadari. Jika hal ini terus berlanjut seiring dengan muntah dan urin kuning, Anda harus mencurigai penyakit kuning.

Muntah

Jika Anda mengalami mual atau muntah disertai dengan urin yang kuning maka ini kemungkinan lebih untuk memiliki bilirubin meningkat.

Gatal

Dikarenakan saluran empedu yang tersumbat, yang gagal untuk metabolisme bilirubin. Hal ini menyebabkan gatal-gatal di seluruh tubuh.

Peningkatan suhu

Peningkatan suhu disertai demam dengan menggigil ini patut dicurigai berhubungan dengan penyakit kuning.

Kotoran berwarna seperti warna tanah liat

Hal ini terjadi karena meningkatnya bilirubin yang biasanya memberikan tinja warna coklat.

INILAH.COM



Like This..?? Share This Article.......

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Copyright © 2011. Forzant Blog . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from Maskolis