Popular Post

Home » » Kejahatan “Online” Menyisir dari Nomor “Handphone”

Kejahatan “Online” Menyisir dari Nomor “Handphone”

Written By Bodhonk on Rabu, 24 April 2013 | 09.18


vaksin.com

Pernahkan anda mendapatkan pesan singkat bahwa anda memenangkan sebuah hadiah dari sebuah operator telekomunikasi? Tentu saja ini bukan yang pertama kalinya. Begitu juga dengan apa yang saya alami. Padahal nomor hape yang saya gunakan, khusus hanya digunakan untuk kepentingan sambungan internet. Jadi tidak mungkin nomor tersebut saya sebar sebagai nomor yang bisa dihubungi. Tapi, apa lacur, nomor tersebut bisa jadi sudah di perjualbelikan oleh oknum-oknum tertentu yang ingin mendapatkan keuntungan singkat.

Penjualan nomor hape yang akan disebar pada masyarakat tentunya sudah terdata terlebih dahulu. Kebocoran data bisa jadi dari oknum pihak pertama yang mengeluarkan produk, bisa juga dari oknum distributor yang mengedarkannya hingga sampai ke tangan pelanggan. Kejadian ini bukan yang pertama kalinya dengan satu operator yang sama, tapi saya mengalaminya dengan nomor dari operator telekomunikasi yang berbeda. Modusnya pun sama. Mengirimkan pesan pendek dengan memberikan link menuju sebuah blog. Yap bukan website, melainkan sebuah blog.

Akhirnya saya telusuri alamat blog tersebut. http://indosat555.blogspot.com/ alamat blog tersebut jelas janggal bagi mereka yang sehari-hari berkecimpung dalam dunia maya. Tapi bagaimana dengan mereka yang hanya menggunakan hape sebagai alat bantu komunikasi semata dan masih awam dalam dunia “media sosial?” Ada peluang mereka yang tidak mengetahui modus penipuan seperti ini bisa terjebak dan dijebak dengan mudah. Setelah melihat “blog” yang menjanjikan dengan beberapa tampilan dan pajangan gambar hadiah akan semakin meyakinkan korban bahwa blog tersebut seolah resmi adanya padahal palsu.

Penipu online ini jelas-jelas mencantumkan salah satu merek provider nasional, lengkap dengan foto-foto penyerahan hadiah, kantor gedung yang megah dan gambar-gambar hadiah berupa mobil mewah yang wah. Namun, jika dilihat secara lebih seksama, blog tersebut banyak kejanggalannya. Mulai dari kata-kata yang banyak kesalahan hingga beberapa nomor yang dicantumkan bukanlah nomor resmi kantor melainkan nomor hape pribadi sang penipu. Kesalahan penyebutan salah satu produk sebetulnya sudah patut dicurigai. Misalnya logonya tercatat “Matrix” sedangkan di footer malah di ketik “Metrix” jelas sebuah kesalahan yang fatal. Apalagi pengumuman seperti ini bukan melalui halaman resmi sebuah website melainkan sebuah blog yang dapat dikelola secara pribadi menggunakan layanan blog gratisan.

Banyak hal yang sepatutnya di curigai dalam penipuan jenis online seperti ini. Sekali lagi hanya mereka yang tidak familiar dengan internet lah yang bisa terjebak dengan penipuan model ini. Pengetahuan antara perbedaan blog dan website sudah cukup dijadikan alasan utama mengapa harus curiga dengan pesan yang membuat hati riang gembira.

Jadi, sebelum benar-benar bergembira karena mendapatkan hadiah. Cek dan ricek terlebih dahulu kebenarannya. Tidak perlu sungkan untuk meminta pendapat teman atau keluarga. Jangan mudah percaya dengan pesan-pesan singkat yang menyatakan bahwa anda memenagkan sebuah hadiah. Semua pemenang akan resmi dihubungi. Dan tentunya tidak ada pungutan-pungutan besar untuk memperoleh hadiah kecuali pajak hadiah yang terkadang tidak ditanggung oleh penyelenggara lomba atau undian.

Salam Hangat



Like This..?? Share This Article.......

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Copyright © 2011. Forzant Blog . All Rights Reserved.
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template modify by Creating Website. Inspired from Maskolis